Terpopuler Daerah, Rizieq Shihab dan RS Ummi hingga Erupsi Gunung Ile Lewotolok

    Meilikhah - 30 November 2020 08:00 WIB
    Terpopuler Daerah, Rizieq Shihab dan RS Ummi hingga Erupsi Gunung Ile Lewotolok
    Gunung Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata, NTT. (Foto: MI/Alexander P Taum)
    Jakarta: Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai daerah pada Minggu, 28 November 2020, dan dirangkum kanal Daerah Medcom.id. Salah satunya, kisruh pelaporan Satgas Covid-19 Kota Bogor terhadap RS Ummi yang diduga menghalang-halangi atau menghambat penanganan wabah penyakit menular terkait pemeriksaan kesehatan terhadap Ketua Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

    Ada pula musibah erupsi gunung api yang terjadi di Lembata, Nusa Tenggara Timur. Gunung Ile Lewotolok mengalami erupsi dengan ketinggian kolom abu sekitar 4.000 meter. Berikut ulasannya.

    1. BPBD NTT Kirim Ribuan Masker untuk Pengungsi Gunung Ile Lewotolok

    Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan ribuan masker untuk dikirim kepada pengungsi Gunung Ile Lewotolok di Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata.
     
    Gunung dengan ketinggian 1.423 meter di atas perrmukaan laut itu meletus pada Minggu, 29 November 2020, pukul 09.45 Wita. Kolom abu vulkanik dimuntahkan hingga ketinggian 4.000 meter dari bibir kawah mengarah ke bagian barat dan timur gunung.
     
    Pos Pengamatan Ile Lewotolok melaporkan erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi lebih kurang 10 menit.

    Selengkapnya, di sini.

    2. Dirut RS Ummi Bogor Akan Diperiksa terkait Rizieq Shihab

    Polresta Bogor Kota, Kota Bogor, Jawa Barat, akan memanggil Direktur Utama RS Ummi, Andi Tatat, terkait laporan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor.
     
    Pemeriksaan dilakukan atas dugaan RS Ummi menghalang-halangi atau menghambat penanganan wabah penyakit menular terkait pemeriksaan kesehatan terhadap Ketua Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.
     
    "Kita akan menindaklanjuti laporan tersebut. Rencananya Senin, 30 November 2020, kita panggil Dirut RS Ummi untuk mengklarifikasi laporan yang kami terima dari Satgas Covid-19 Kota Bogor," ujar Kapolresta Bogor Kota, Kombes Hendri Fiuser, Minggu, 29 November 2020.

    Selengkapnya, di sini. 

    3. Pengungsi Merapi Masih Bertahan di Barak

    Pengungsi erupsi Gunung Merapi yang masih berada di barak Balai Desa Balerante dan Balai Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, sebanyak 336 orang hingga Sabtu malam, 28 November 2020. Dari jumlah itu sebanyak 281 orang memilih bertahan di tempat evakuasi sementara atau barak di Balai Desa Balerante.
     
    "Sedangkan 55 pengungsi lainnya di barak Balai Desa Tegalmulyo," ujar Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten, Nur Tjahjono Suharto, Minggu, 29 November 2020.

    Selengkapnya, di sini. 


    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id