Pengamatan Hilal di Malang Digelar 12 April

    Daviq Umar Al Faruq - 07 April 2021 18:04 WIB
    Pengamatan Hilal di Malang Digelar 12 April
    Ilustrasi. (Foto: Antara/Mohammad Ayudha)



    Malang: Stasiun Geofisika BMKG Karangkates Malang, Jawa Timur, berencana menggelar pengamatan hilal pada Senin, 12 April 2021. Pengamatan untuk menentukan awal Ramadan 1442 Hijriah/2021 Masehi itu akan dilakukan di Pantai Ngliyep, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

    "Dijadwalkan 12 April 2021. Nanti dilaksanakan bersama Kemenag dan Pemkab Malang. Pelaksanaan melihat hilal dilakukan di Pantai Ngliyep," ujar Kepala Stasiun Geofisika BMKG Karangkates Malang, Mamuri, Rabu 7 April 2021.






    Pantai Ngliyep dipilih menjadi lokasi pengamatan hilal lantaran memiliki pandangan ufuk yang lebih luas. Sebab, jika pengamatan dilakukan di sebuah gedung bisa saja terhalang bukit dan lain-lain.

    "Faktor cuaca begitu menentukan. Jadi ketika langit sedang banyak awan pengamatan hilal menjadi tidak terlihat. Apalagi ini hilalnya kecil sekitar 3 derajat untuk wilayah Malang Raya," imbuhnya.

    Baca: Objek Wisata di Jateng Tetap Buka Saat Libur Lebaran

    Meski begitu, cuaca buruk saat pengamatan hilal bukanlah kendala. Sebab, pengamatan hilal di daerah lain bisa digunakan untuk menentukan awal Ramadan.

    "Walaupun di Malang tidak kelihatan, tapi di daerah lain hilal kelihatan kan cuaca di tempat lain juga berbeda. BMKG? melakukan pengamatan di 26 titik seluruh Indonesia," jelasnya.

    Setelah pengamatan, penentuan hilal sepenuhnya merupakan kewenangan Kementrian Agama (Kemenag). Pihak BMKG bertugas untuk membantu pengamatan hilal dan perhitungan hisab dengan menggunakan teropong.

    "Mudah-mudahan pas pengamatan cerah. Nanti dilaksanakan pada sore hari setelah Ashar," terangnya.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id