Pemda Disarankan Memperbanyak Embung

    Antara - 09 Januari 2020 15:26 WIB
    Pemda Disarankan Memperbanyak Embung
    Ilustrasi--Sejumlah siswa melintas di area sekolah yang masih tergenang banjir di SDN Buni Bakti 04, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. (Foto: ANTARA/Risky Andrianto)
    Jakarta: Pakar lingkungan hidup Institut Pertanian Bogor (IPB) Suprihatin menilai pemerintah perlu memperbanyak embung atau penampungan air guna mencegah terjadinya banjir saat musim hujan.

    "Embung merupakan salah satu solusi untuk mengurangi risiko banjir. Harus dibuat banyak di daerah Bogor, Depok, dan sekitarnya," ujar dia, melansir Antara, Kamis, 9 Januari 2020.

    Selain menampung air hujan, embung juga berguna mengalirkan air secara perlahan pada saat kondisi mulai normal. Dengan demikian risiko dampak banjir bisa semakin diminimalisasi.

    Secara umum, Suprihatin menilai keberadaan embung di daerah Bogor dan Depok belum begitu banyak dan signifikan. Sehingga saat musim hujan tiba dengan intensitas tinggi mengakibatkan banjir.

    "Pemerintah DKI Jakarta dan Bogor bisa saling bekerja sama untuk membuat lingkungan lebih baik lagi salah satunya memperbanyak embung," ungkapnya.

    Selain embung, Suprihatin menyarankan pemerintah dan masyarakat memperbanyak penanaman tanaman yang bisa mereboisasi dan menyerap air. Embung dan reboisasi dianggap sebagai solusi optimal pencegahan banjir.

    Di sisi lain, ia menyebut alih lahan yang dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat merupakan salah satu penyebab banjir. Hal itu karena air tidak lagi memiliki tempat resapan.

    "Jadi awalnya itu lahan pertanian atau kebun namun kemudian digunakan sebagai jalan dan bangunan sehingga tidak ada lagi resapan air ke dalam tanah," katanya.

    "Pada dasarnya semua tanaman itu bisa digunakan, tergantung mana yang cocok saja di lokasi atau daerah jalan air tadi," imbuh dia.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id