48 Kios di Pasar Caringin Bandung Terbakar

    P Aditya Prakasa - 25 Januari 2020 14:25 WIB
    48 Kios di Pasar Caringin Bandung Terbakar
    Para pedagang mencoba mengais sisa barang dagangan yang luput dari api di Pasar Caringin, Kota Bandung. (Foto: Medcom.id/Aditya_
    Bandung: Sebanyak 48 kios di Blok E, Pasar Caringin, Kota Bandung, Jawa Barat, ludes terbakar. Dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat korsleting listrik dari salah satu kios.

    Kepala UPT Selatan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung, Asep Mulyana, mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 07.58 WIB, Sabtu pagi, 25 Januari 2020. Dua jam berselang, api berhasil dipadamkan dan saat ini masih dilakukan pendinginan.

    "Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Tapi berdasarkan keterangan pedagang, api berasal dari lapak di lantai 2," kata Asep, di lokasi kebakaran.

    Asep mengatakan, sebagian lapak masih banyak yang tutup. Sehingga, banyak barang dagangan yang tak sempat diselamatkan pemiliknya.

    "Sebagian kios ada yang masih tutup pas kejadian. Lapak, terutama yang menjual sayur-sayurannya enggak sempat diselamatkan," ujarnya.

    Asep menambahkan sebanyak 16 unit mobil pemadam kebakaran telah diterjunkan untuk memadamkan api.

    Endang, 50, salah satu penjual sayuran di Blok E, mengaku tak sempat menyelamatkan dagangannya saat api merambat ke kios.

    "Saya jual wortel, gula merah, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, muncang, dan bumbu lain. Tapi semuanya habis, cuma tinggal ini saja (bawah merah)," ungkapnya.

    Posisi kios milik Endang yang berukuran sekitar 3x4 meter persegi, berada tepat di belakang kios bakso yang diduga menjadi sumber pertama api muncul. Dia tak sempat menyelamatkan barang-barang daganganya.

    "Pas kejadian (kebakaran) saya sudah jualan. Saya lihat api muncul dari kios bakso, saya kira kecil apinya ternyata besar. Saya panik langsung lari, semuanya habis cuma sisa bawang merah ini sedikit. (Kerugian) uang sama barang kalau ditotal Rp200 juta," kata Endang.

    (MEL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id