270 Napi Lapas Sorong Kembali

    Martinus Solo - 23 Agustus 2019 11:43 WIB
    270 Napi Lapas Sorong Kembali
    Ilustrasi - Medcom.id.
    Sorong: Sebanyak 270 dari 550 narapidana Lapas Kelas IIIB Sorong, Papua Barat, telah kembali pascakerusuhan pada Senin, 19 Agustus 2019 di Sorong. Para narapidana kabur karena bagian depan gedung lapas dibakar massa. 

    "Sudah 50 persen narapidana pulang ke Lapas Sorong," ujar Kepala Lapas Sorong Nunus Anantho di Kantor Lapas Sorong, Sorong, Papua Barat, Jumat, 23 Agustus 2019. 

    Nunus menuturkan para narapidana yang kembali diserahkan pihak keluarga dan menyerahkan diri sendiri. Selain itu ada pula narapidana yang ditangkap petugas. 

    Dia meminta para narapidana yang belum kembali untuk menyerahkan diri. Karena petugas telah disebar untuk melakukan pencarian.

    "Suasana Kota Sorong sudah aman,sehingga tidak ada alasan lagi. Untuk para napi tidak kembali," jelasnya. 

    Baca: Ratusan Napi Lapas Kota Sorong Kabur

    Aksi damai berbuntut kerusuhan terjadi di Manokwari, pada Senin, 19 Agustus 2019. Aksi bermula menyuarakan menolak rasialisme terhadap mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur. Tak hanya di Manokwari, aksi bermunculan di Sorong, Papua Barat.
     
    Unjuk rasa di Sorong berujung ricuh. Sejumlah fasilitas umum seperti Kantor DPRD, Bandara Domine Eduard Osok, dan Lapas Kota Sorong rusak.Suasana semakin panas setelah sejumlah konten berisi dugaan penyerangan mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya tersebar via media sosial. Salah satu narasi video dianggap mendiskriminasi warga Papua di Tanah Jawa.
     
    Demonstrasi merembet hingga Fakfak, Papua Barat dan Mimika, Papua. Aksi sempat berujung rusuh, tapi polisi bisa mengendalikan situasi dan belasan orang ditangkap diduga menunggangi aksi.

    Baca:Dugaan Keterlibatan Kader Gerindra di Asrama Mahasiswa Papua Diusut



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id