Karhutla di Aceh Disebabkan Pembakaran Gambut

    Fajri Fatmawati - 28 Februari 2020 20:25 WIB
    Karhutla di Aceh Disebabkan Pembakaran Gambut
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Banda Aceh: Kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Aceh kerap ditimbulkan dari pembukaan lahan dengan cara membakar gambut. Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda, Zakaria, mengatakan api mudah tersulut lantaran Aceh memasuki musim kemarau dengan suhu udara tinggi.

    "Akibat kurangnya kesadaran masyarakat dalam pengawasan pembakaran lahan dan api yang dihidupkan maka kebakaran lahan yang secara sengaja dibakar akan mudah merambat," kata Zakaria, di Banda Aceh, Jumat, 28 Februari 2020.

    Zakaria menjelaskan saat ini suhu udara di Aceh bisa mencapai 37 derajat celsius. Dalam kondisi cuaca seperti ini masyarakat diharapkan lebih sadar terhadap bahaya membuka lahan dengan cara dibakar.

    Menurut Zakaria kebakaran yang kerap timbul juga karena minim pengawasan sehingga api dengan cepat merambat. Meski kerap dilanda kebakaran lahan, Aceh belum menerapkan siaga darurat bencana.

    "Jika dipaksakan maka akan terjadi kebakaran lahan dan bisa menimbulkan kabut asap, yang tentunya akan berdampak bagi semua," jelas Zakaria.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id