Kota Bandung 'Berdamai' dengan Covid-19

    Roni Kurniawan - 02 Juni 2020 12:53 WIB
    Kota Bandung 'Berdamai' dengan Covid-19
    Wali Kota Bandung, Oded M Danial. (Foto: Medcom.id/Roni K)
    Bandung: Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, mencoba 'berdamai' dengan pandemi covid-19. Hal ini diwujudkan dengan menutup semua pos pantau di sejumlah akses masuk menuju kota.

    Wali Kota Bandung, Oded M Danial, mengatakan pos pantau telah ditutup sejak 30 Mei 2020 dan pada 1 Juni 2020 seluruh akses jalan kota telah dibuka. Kini tidak ada pengawasan di pintu masuk Kota Bandung, kendati Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih berlangsung hingga 12 Juni 2020.

    "Karena sekarang sudah PSBB Proposional, hasil rapat terakhir kita mencoba untuk cek poin ditiadakan sampai nanti (PSBB berakhir pada 12 Juni)," ujar Oded, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa, 2 Juni 2020.

    Oded mengungkapkan para petugas tetap disiagakan dan dialihkan ke area kewilayahan untuk mengantisipasi pendatang. PSBB Proposional pun, lanjut Oded, dilakukan penguatan di tingkat kewilayahan agar bisa menanggulangani secara langsung penyebaran korona.

    Baca juga: Desa Wonocolo Sidoarjo Klaster Baru Penyebaran Covid-19

    "Petugas akan lebih optimal di kewilayahan, akan lebih langsung melakukan penanganan. Jadi kita putuskan cek poin itu ditiadakan," tutur Oded.

    Sementara itu, Oded pun mengaku seluruh ruas jalan di Bandung saat ini telah bisa diakses oleh mayarakat seperti Jalan Merdeka, Asia Afrika, Jalan Otto Iskandardinata, dan Jalan Dago.

    "Tapi itu prinsipnya, dilakukan buka tutup termasuk di pusat kota, kita akan lihat nanti seperti apa (hasilnya)," lanjut Oded.

    Dia memastikan akan melakukan evaluasi setiap hari setelah peniadaan pos pantau dan pembukaan akses jalan utama di Kota Bandung. Oded menjamin tindakan itu bukan suatu kemunduran dalam penanganan virus korona di wilayahnya.

    "Kita akan evaluasi terus setiap hari, kalau misalnya sampai tanggal 12 kurva korona meningkat, bukan tidak mungkin akan kita tingkatkan lagi jadi PSBB maksimal," tegas dia.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id