PNS Dinas Kebudayaan Gunungkidul Dibui Akibat Pungli

    Ahmad Mustaqim - 13 Februari 2020 14:45 WIB
    PNS Dinas Kebudayaan Gunungkidul Dibui Akibat Pungli
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Yogyakarta: Kejaksaan Negeri Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengeksekusi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Kebudayaan, Dwi Jatmiko. Eksekusi ini berkaitan dengan kepastian hukum yang bersangkutan dalam kasus pungli di tempat pemungutan retribusi (TPR) di Jalan Baron 2016 lalu.

    "Yang bersangkutan terbukti melanggar Pasal 3 Undang-undang 20 Tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Putusan MA tetap sama dengan dari pengadilan tinggi, enam bulan penjara dan denda Rp500 ribu subsider satu bulan," kata Kepala Kejaksaan Negeri Gunungkidul, Koswara, saat dihubungi, Kamis, 13 Februari 2020.

    Koswara menjelaskan langkah jajarannya mengeksekusi Dwi setelah langkah kasasinya di Mahkamah Agung dinyatakan ditolak. Proses eksekusi tersebut dilakukan pada Rabu, 5 Februari 2020.

    Dwi Jatmiko sebelumnya ditangkap tim Saber Pungli Polres Gunungkidul pada 2016. Saat penangkapan didapati uang sekitar Rp9,5 juta. Belakangan uang sebesar Rp9,3 juta diserahkan ke kas pemerintah daerah setempat, sementara, ada sekitar Rp160 ribu dikembalikan ke biro wisata.

    Koswara menyatakan Dwi sempat mengajukan penangguhan eksekusi. Alasannya kasus tersebut dalam proses peninjauan kembali atau PK yang dia lakukan. Koswara mengatakan proses PK tak menghalangi pihaknya melakukan eksekusi. Dwi Jatmiko pun ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Wirogunan Yogyakarta.

    "Yang bersangkutan datang sendiri, karena keputusan sudah inkrah dan dieksekusi," jelas Koswara.

    Terpisah Kepala Dinas Kebudayaan, Agus Kamtono, mengatakan sudah mengetahui perkembangan kasus PNS tersebut. Namun pihaknya belum mengambil langkah dengan menunggu  salinan berkas untuk diserahkan ke badan kepegawaian.

    "Jadi kami masih menunggu proses (salinan dokumen), bagaimanan nanti ke depannya (tindak lanjut Dinas Kebudayaan)," kata Agus.





    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id