Bupati Talaud Terpilih Pertanyakan Pelantikan

    Deny Irwanto - 18 Februari 2020 15:56 WIB
    Bupati Talaud Terpilih Pertanyakan Pelantikan
    Bupati Kepulauan Talaud terpilih Elly Engelbert Lasut (tengah) ditemani Wakil Bupati Kepulauan Talaud terpilih Moktar Arunde Parapaga (kedua kanan) di kantor Kemendagri, Jakarta, Rabu, 15 Januari 2020. MI/ANDRI WIDIYANTO
    Jakarta: Bupati Kepulauan Talaud terpilih, Elly Engelbert Lasut, bersama wakilnya Moktar Arunde Parapaga belum juga dilantik sejak penjadwalan pada 21 Juli 2019. Elly mengatakan pelantikan seharusnya dilakukan oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, sejak Surat Keputusan dari Kementerian Dalam Negeri diterbitkan sejak tahun lalu.

    "Sampai dengan hari ini sudah hampir mendekati delapan bulan tidak dilantik-lantik dan untuk periode masa Pak Tjahjo Kumolo surat perintah pelantikan, radiogram pelantikan itu sudah dikirimkan dua kali dengan batasan-batasan waktu perintah kepada gubernur untuk segera melantik," kata Elly kepada Medcom.id, Selasa, 18 Februari 2020.

    Elly menjelaskan pada masa kepemimpinan Tito Karnavian juga sudah tiga kali dikirimkan surat perintah pelantikan kepada gubernur, namun pelantikan masih belum juga direalisasikan.

    Elly mengatakan jika gubernur mempermasalahkan dirinya yang pernah menjabat sebagai Bupati Kepulauan Talaud selama dua periode. Padahal menurut Elly dirinya tidak menjabat penuh pada masa kepemimpinan periode kedua.

    "Jadi mereka menduga saya sudah dua periode karena dulu saya pernah menjadi Bupati tetapi periode yang kedua itu belum mencapai dua tahun enam bulan," jelas Elly.

    Elly kembali mengatakan kebenaran tersebut juga diperkuat dengan keterangan resmi dari KPU pusat bahwa pemilu di Kepulauan Talaud tidak cacat dan masa jabatan sebelumnya sebagai Bupati Kepulauan Talaud tidak bermasalah. Elly berharap Tito Karvanian sebagai pucuk pimpinan Kementerian Dalam Negeri bisa bertindak untuk menyikapi hal ini.

    "Kita meminta mendagri mengambil sikap karena gubernur sudah menutup pintu komunikasi. Terakhir komunikasi dengan Depdagri sudah melakukan gelar perkara bersama pakar-pakar. Semua sepakat mendorong harus segera dilantik tetapi sampai hari ini belum ada pelantikan," pungkas Elly.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id