98 ASN Pemprov Jatim Positif Covid-19

    Amaluddin - 10 Juli 2020 18:44 WIB
    98 ASN Pemprov Jatim Positif Covid-19
    Ratusan ASN beserta keluarga lakukan tes Swab PCR massal di Rumah Pusat Observasi Covid-19 Provinsi Jatim Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM). (Medcom.id/Amal)
    Surabaya: Sebanyak 511 aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jawa Timur reaktif hasil rapid test. 98 orang di antaranya terkonfirmasi positif covid-19 berdasarkan tes swab PCR.

    "Dari jumlah itu ada 343 orang telah hasil swab, hasilnya 98 positif dan 266 orang negatif. Sementara 77 orang menunggu antrean swab," kata Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono, di Surabaya, Jumat, 10 Juli 2020.

    Mengetahui hal itu, Pemprov Jatim langsung menggelar tes swab massal terhadap keluarga ASN. Hingga hari ini, ada sekitar 840 ASN beserta keluarga menjalani tes swab, di Rumah Pusat Observasi Covid-19 Provinsi Jatim Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM).

    98 ASN Pemprov Jatim Positif Covid-19

    Kepala BPSDM Jatim, Aries Agung Paewai, mengatakan tes swab hari ini merupakan gelombang ketujuh. Setiap gelombang, ada sebanyak 120 orang ASN yang tes swab. 

    "Setiap ASN bisa mendapatkan kesempatan untuk tes swab dengan mengisi pendaftaran secara online," kata Aries.

    Selain ASN, keluarga ASN yang diketahui reaktif juga diberi kesempatan untuk menjalani swab PCR di BPSDM. Ini sesuai arahan Gugus Tugas Covid-19 Jatim, agar ASN dan keluarganya mendapat perhatian serius untuk dilakukan testing secara masif. 

    "Sebab mereka melayani masyarakat tentu harus bebas dari covid-19. Sehingga, deteksi dini covid-19 dapat dilakukan," ujarnya.

    98 ASN Pemprov Jatim Positif Covid-1998 ASN Pemprov Jatim Positif Covid-19

    Setelah diketahui positif covid-19, mereka akan langsung diisolasi di RS Lapangan Covid-19 di Jalan Indrapura, Surabaya, khususnya bagi ASN yang positif covid-19 tanpa gejala dan gejala klinis ringan. Sementara jika ada yang bergejala sedang hingga berat, maka akan langsung dikordinasikan dengan tim yang menangani sisten rujukan di RS lapangan.

    Sistem rujukan satu pintu atau one gate referral system yang dikembangkan Pemprov Jatim bersama Pangkogabwilhan II tersebut telah mengoneksikan data RS rujukan di Jatim. Baik ketersediaan Ruang Isolasi Khusus (RIK), ruang isolasi bertekanan negatif, ruang isolasi tanpa tekanan negatif, ICU hingga ketersediaan ruang HCU.

    "Kami akan terus berkordinasi dengan RS Lapangan, terkait hasil testing yang sudah dilakukan kepada para ASN di lingkungan Pemprov Jatim," kata mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Jatim tersebut.



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id