32 ASN Jabar Terpapar Covid-19, Gedung Sate Tutup Sementara

    Roni Kurniawan - 03 Juni 2021 11:22 WIB
    32 ASN Jabar Terpapar Covid-19, Gedung Sate Tutup Sementara
    Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat -- istimewa



    Bandung: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengumumkan pusat kantor pemerintahan Provinsi Jawa Barat ditutup sementara pada 3-9 Juni 2021. Pasalnya, muncul klaster baru covid-19 di Gedung Sate sebanyak 32 orang Aparatur Sipil Negara (ASN).

    "Menyikapi sebuah situasi di gedung pemerintahan Gedung Sate, terdapat satu klaster yang kami nilai membuat situasi di tempat kerja atau Gedung Sate ini harus dilakukan penutupan sementara karena terdapat 32 ASN di Pemprov Jawa Barat yang terpapar covid-19," ujar Ridwan Kamil dalam keterangan resmi melalui video pada Kamis, 3 Juni 2021.

     



    Pria yang akrab disapa Emil ini menuturkan bahwa klaster Gedung Sate tersebut muncul setelah para ASN melakukan perjalanan dinas ke salah satu kementerian di Jakarta pascalibur lebaran. Pihaknya pun langsung melakukan pelacakan terutama terhadap keluarga ASN yang terpapar covid-19. 

    "Kami langsung melakukan tracing kepada seluruh keluarga yang terpapar, dan didapati fakta bahwa kejadiannya pascalebaran saat ada satu rombongan ke Jakarta melakukan pertemuan di kementerian, kemudian dari situ menjadi sumber keterpaparan," beber Emil.

    Emil pun menyampaikan permintaan maaf jika Gedung Sate harus ditutup sementara dari berbagai aktivitas. Hal itu sebagai upaya untuk mencegah penyebaran covid-19 lebih banyak lagi.

    "Sesuai prosedur apabila ada klaster cukup signifikan maka kami mohon maaf Gedung Sate ditutup sementara sambil kita lakukan upaya upaya treatment, tracing, kepada mereka-mereka yang terpapar covid-19," sambung Emil.

    Baca: Sleman Nol Zona Merah Covid-19

    Emil berharap, klaster Gedung Sate menjadi pembelajaran bagi para ASN lainnya yang kerap melakukan perjalanan dinas keluar daerah. Protokol kesehatan, lanjutnya, harus tetap diterapkan secara ketat agar tidak terpapar covid-19.

    "Mudah-mudahan ini jadi pembelajaran kemanapun kita pergi, satu orang, dua orang, atau banyakan, tetap gunakan masker, jaga jarak, kurangi perbincangan sehingga kita tetap bisa produktif berkedinasan tanpa terpapar pada covid-19," tutur dia.


    (SYN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id