comscore

Kasus Covid-19 Naik 100%, Pemkab Kebumen Berlakukan Jam Malam

Media Indonesia.com - 02 Juni 2021 10:48 WIB
Kasus Covid-19 Naik 100%, Pemkab Kebumen Berlakukan Jam Malam
Pemkab Kebumen, Jateng, memberlakukan jam malam mulai hari ini disebabkan lonjakan positif covid 100%. Foto: Antara.
Kebumen: Kasus covid-19 di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, melonjak 100 persen dalam tiga hari terakhir. Pemerintah setempat berusaha untuk menekan kasus dengan memberlakukan jam malam

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan pihaknya kembali mengintensifkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Pemantauan akan dilakukan oleh pihak kecamatan dan desa. 
"Sedangkan jam malam dibatasi hanya sampai jam 21.00 WIB. Kebijakan ini akan dimulai hari Rabu ini," kata Arif, Rabu, 2 Juni 2021.  

Ia mengatakan bahwa jam malam diterapkan untuk fasilitas publik seperti Alun-Alun Kebumen. Demikian juga untuk supermarket dan kafe yang dibatasi hingga jam 21.00 WIB. 

"Penerapan ini dilakukan karena dalam tiga hari terakhir terjadi peningkatan hingga dua kali lipat kasus covid-19 di Kebumen sehingga pemkab (pemerintah kabupaten) perlu mengambil langkah-langkah untuk menekan kasus covid-19," lanjut dia. 

Baca: OTG, Gubernur Aceh Nova Iriansyah Bekerja Secara Daring

Arif menegaskan hajatan masih diperbolehkan untuk wilayah zona kuning dan hijau. Namun, kegiatan tersebut harus terlebih dahulu lapor ke pemerintah dan melampirkan surat pernyataan bermeterai. Kemudian, kapasitas maksimal adalah 30 persen dengan penerapan protokol kesehatan. 

"Nanti juga akan disediakan rapid tes antigen oleh Dinas Kesehatan, jika ada yang reaktif, kegiatan harus dihentikan," tambah dia. 

Ia juga meminta kepada masyarakat untuk terus disiplin dalam penerapan prokes, bahkan harus terus ditingkatkan. Pihak kecamatan dan desa diharapkan aktif memberikan imbauan dan penanganan pada masyarakat untuk taat terhadap aturan yang berlaku. 

"Jika ada yang melanggar jangan ragu untuk menegur dan menindaknya," tegasnya.


(SYN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id