Pemerintah DIY Rencanakan Pembangunan 3 Generator Oksigen

    Ahmad Mustaqim - 21 Juli 2021 16:14 WIB
    Pemerintah DIY Rencanakan Pembangunan 3 Generator Oksigen
    Ilustrasi tabung oksigen. Medcom.id



    Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merencanakan pembangunan tiga generator oksigen. Diharapkan kurang dari dua bulan generator bisa difungsikan dan mempermudah pasokan di masa pandemi covid-19.

    "Dalam waktu 1,5 bulan diharapkan bisa operasional. Produksinya bisa 400-500 tabung gas besar per hari," kata Sekretaris Daerah Pemerintah DIY, Kadarmanta Baskara Aji, dalam wawancara daring, Rabu, 21 Juli 2021.

     



    Baca: Polda Jateng: Banyak Jalan Ditutup Dipakai Berolahraga

    Kadarmanta urung menyebut lokasi pembangunan generator oksigen itu. Ia hanya berharap produksi oksigen dari sana akan bisa menopang kebutuhan oksigen ke depan.

    Ia mengakui kebutuhan oksigen di DIY masih cukup besar. Sekitar 2-3 hari lalu ada bantuan kiriman konsentrat oksigen dari Kementerian Kesehatan sebanyak 100.  

    "Kemarin ada permintaan 117. Kekurangannya tinggal 17 konsentrator. Oksigen yang ada sudah dibagikan," jelasnya.

    Kadarmanta menyebut kebutuhan oksigen di rumah sakit rujukan covid-19 di DIY sekitar 24 juta liter. Menurut dia kebutuhan itu bisa dicukupi dengan tambahan konsentrator oksigen.

    "Sebelumnya 400 (unit konstrator oksigen), ditambah (100 unit dari Kementerian Kesehatan) menjadi 500. Bisa memenuhi kebutuhan 5 juta liter (kebutuhan oksigen)," ungkapnya.

    Ia menambahkan masalah kebutuhan oksigen di rumah sakit rujukan covid-19 dikoordinasi oleh tim tersendiri. Ia menyatakan tim itu menyediakan pelaporan kebutuhan oksigen secara daring.

    Teknisnya setiap rumah sakit yang butuh oksigen dalam beberapa waktu ke depan bisa memberi laporan. Data dalam laporan itu menjadi rujukan pendistribusian oksigen.

    "Kalau sudag mengisi online pasokan belum ada, silakan menghubungi satgas atau tim oksigen, akan dicarikan atau tambahkan ke tempat-tempat yang sifatnya bantuan. Bantuan dari pihak tertentu bisa menambahkan ke situ," ujarnya.
     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id