Disdukcapil Tangsel Berharap Honorer Tak Dihapus

    Farhan Dwitama - 29 Januari 2020 09:20 WIB
    Disdukcapil Tangsel Berharap Honorer Tak Dihapus
    Pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tangsel Rabu 29 Januari 2020. Foto: Medcom.id/Farhan D
    Tangerang: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Tangerang Selatan, berharap pegawai honorer di instansinya tidak dihapus. Pegawai honorer di Dukcapil Tangsel membantu pelayanan kependudukan warga Tangsel. 

    "Justru saya berusaha bagaimana pegawai honorer di Dukcapil bisa diprioritaskan seperti layaknya guru dan bidan, jadi jangan dihapuskan. Karena sekarang pelayanan apa yang tidak pakai KTP," tegas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tangsel Dedi Budiawan, di kantornya, Rabu, 29 Januari 2020.

    Dedi menjelaskan 75 tenaga kerja sukarela (TKS) atau honorer ditempatkan di Dukcapil Tangsel untuk melayani data kependudukan. Sedangkan jumlah aparatur sipil negara (ASN) hanya 27 orang.

    "Memang seharusnya yang mengerjakan administrasi kependudukan itu PNS, tapi karena enggak ada, sementara oleh honorer," jelasnya.

    Dia mengaku beban kerja pelayanan administrasi kependudukan di Kota Tangsel cukup banyak. Tenaga honorer dinilai sangat membantu kinerja ASN di Dukcapil Tangsel. 

    "Harus diakui beban kerja kita ini banyak, kalau petugasnya sedikit kan menjadi tidak imbang padahal semua juga sudah dibantu sistem online," ucapnya.

    Dedi menerangkan sistem honorarium pegawai honorer Tangsel berdasarkan ijazah pendidikan. Honorarium dibebankan ke masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD).

    "Semua dinas sama penghitungan honornya. Perbedaan hanya pada ijazah pendidikan pegawai honor," ujar dia.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id