Lestari Moerdijat Prihatin Angka Kasus HIV/AIDS di Jepara Tinggi

    Rhobi Shani - 07 Desember 2019 17:26 WIB
    Lestari Moerdijat Prihatin Angka Kasus HIV/AIDS di Jepara Tinggi
    Ketua Yayasan Dharma Bakti Lestari, Lestari Moerdijat.
    Jepara: Politikus Partai NasDem, Lestari Moerdijat, prihatin dengan tingginya angka kasus HIV/AIDS di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Temuan kasus HIV/AIDS tercatat seribu lebih. 

    “Yang jelas prihatin dengan kasus ini. Jepara ini harus kita jaga,” ujar Wakil Ketua MPR yang akrab disapa Mbak Rerie usai memberikan kuliah umum di Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara, Sabtu, 7 Desember 2019.

    Tingginya angka kasus HIV/AIDS lantaran minimnya informasi dan ketidaktahuan masyarakat. Itu sebabnya, Yayasan Dharma Bakti Lestari menggelar pelatihan bagi relawan Sabat Lestari berkait penanggulangan HIV/AIDS.

    "Kemarin kami mengundang teman-teman dari Jakarta untuk melakukan diseminasi. Karena kuncinya adalah informasi, kuncinya adalah ketidaktahuan,” kata Rerie.

    Untuk mengatasi masalah HIV/AIDS dibutuhkan data yang akurat. Pihaknya meminta bantuan semua pihak untuk mengungkap data sesungguhnya. Sebab yang perlu ditangani sejak dini bukan AIDS-nya, tapi HIV sebelum menjadi AIDS.

    “Jangan sampai menjadi HIV menjadi AIDS. Ini yang harus bersama-sama dijaga melalui diseminasi informasi agar semua paham dan semu abisa melakuakn penjagaan dirinya masing-masing,” ungkap Rerie.

    Kasus HIV AIDS di Kabupaten Jepara tertinggi di Jawa Tengah. Sejak tiga tahun terakhir, angka kasus HIV AIDS terus bertambah. Saat ini, angka HIV-AIDS mencapai 1.135 kasus. Sebanyak 921 orang dengan HIV AIDS (ODHA) masih hidup.

    Saat ini angka kasus HIV AIDS tertinggi di Kecamatan Bangsri, 137 kasus. Kemudian Kecamatan Kembang sebanyak 111 kasus. Lalu Kecamatn Donorojo dan Mlonggo, masing-masing 94 dan 93 kasus.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id