Angin Kencang Merusak 515 Rumah di Kota Batu

    Daviq Umar Al Faruq - 23 Oktober 2019 16:10 WIB
    Angin Kencang Merusak 515 Rumah di Kota Batu
    Kawasan terdampak bencana angin kencang di Kota Batu, Jawa Timur. (Foto: Medcom.id/Daviq Umar)
    Batu: Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Jawa Timur, menyebut 515 unit rumah rusak akibat bencana angin kencang di Desa Sumberbrantas, Bumiaji, Kota Batu. 

    Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim, memerinci sembilan rumah mengalami rusak berat, 79 rumah rusak sedang, dan 427 rumah rusak ringan.

    "Saat ini kami masih melakukan pendataan dan analisis kerusakan fasilitas umum, serta pembersihan material akibat angin kencang," katanya, Rabu 23 Oktober 2019.

    Rochim mengatakan seluruh pengungsi yang berada di beberapa pos pengungsian telah dipulangkan ke Desa Sumberbrantas sejak Selasa, 22 Februari 2019 pukul 17.00 WIB. Cuaca di Desa Sumberbrantas pun berangsur baik. 

    Pantauan BPBD, cuaca di lokasi terdampak angin kencang cenderung normal. Kondisi jalan raya pun sudah bersih dari material pohon tumbang.

    "Kebutuhan air bersih sudah ter-cover dengan baik. Jaringan listrik, seluler, dan telekomunikasi sudah pulih hingga 90 persen. Secara umum kondisi di Desa Sumberbrantas sudah mulai kondusif," ungkapnya.

    Ia menambahkan bantuan logistik di Pos Balai Desa Sumberbrantas pun sudah penuh. Pihaknya mengarahkan agar bantuan logistik bisa disimpan di Posko PB BPBD Kota Batu untuk didistribusikan ke warga Desa Sumberbrantas.

    "Hari ini juga ada penyerahan bantuan material bangunan oleh Wali Kota Batu ke BPBD Kota Batu yang akan diteruskan kepada warga Desa Sumberbrantas," pungkasnya.

    Bencana angin kencang melanda Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Angin kencang terjadi sejak Sabtu 19 Oktober 2019 pukul 23.30 WIB.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id