Yunahar Sosok Ulama Kaya Ilmu

    Ahmad Mustaqim - 03 Januari 2020 12:31 WIB
    Yunahar Sosok Ulama Kaya Ilmu
    Jenazah Yunahar Ilyas saat disalatkan di PP Muhammadiyah. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
    Yogyakarta: Ketua PP Muhammadiyah, Busyro Muqoddas, menilai Yunahar Ilyas adalah sosok pemikir. Yunahar Sosok penting dalam kemajuan pendidikan di Muhammadiyah.   

    "Beliau sosok penting dalam pendidikan ulama yang modern berkemajuan yang tidak terbatas pada dunia fiqih saja, tapi ulama yang bisa mencakup berbagai bidang," kata Busyro di PP Muhammadiyah pada Jumat, 3 Januari 2020. 

    Busyro mengatakan kelihaian Yunahar di bidang keilmuan Islam bisa dimasukkan di berbagai isu. Mulai dari ekonomi, sosial, politik, hukum, hak asasi manusia, hingga lingkungan. 

    "Keilmuan yang dimiliki beliau juga ditunjukkan di dalam perilaku keseharian," ujarnya. 

    Yunahar menjabat Ketua PP Muhammadiyah bidang Tarjih dan Tajdid. Dia melanjutkan posisi Yunahar sesuai dengan bidang keilmuan islam yang didalami. Keilmuan tersebutlah yang mengantarkan Yunahar memperoleh gelar profesor. 

    "Bidang yang beliau pegang ini seperti lembaga keulamaan yang bertugas mendalami, mengembangkan, mengkaji produk-produk, dan fiqih dengan metode tarjih. Sesuai ilmu yang diraihkan dalam penelitian sejak muda sampai gelar profesornya," jelasnya. 

    Bidang keilmuan yang Yunahar jalani bisa sejalan dengan tindakan di kehidupan. Busyro mengungkap Yunahar tidak mudah tergiur dengan jabatan. 

    Sebelum meninggal, Yunahar Ilyas mengalami sakit komplikasi diabetes. Ia sempat dirawat di PKU Muhammadiyah Yogyakarta sebelum akhirnya dirujuk ke RSUP Dr Sardjito Yogyakarta. 

    Rencananya, Yunahar dijadwalkan menjalani operasi cangkok ginjal di RSUP Dr Sardjito. Operasi belum berjalan, Yunahar meninggal dunia pada 2 Januari 2020, jam 23.47 WIB di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta. Total, Yunahar sudah dua bulan berada di bawah pengawasan medis. 

    Jenazah Yunahar sempat disemayamkan di PP Muhammadiyah dan dibawa ke Masjid Gedhe Kauman pada pada 10.30 WIB. Jenazah akan dimakamkan di kompleks pemakaman Karangkajen




    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id