Debit Air di Bendungan Bili-bili Normal

    Muhammad Syawaluddin - 04 Januari 2020 08:00 WIB
    Debit Air di Bendungan Bili-bili Normal
    Bendungan Bili-bili di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. (Foto: Medcom.id/Syawaluddin)
    Makassar: Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, memastikan ketinggian air di Bendungan Bili-bili normal, bahkan masih dibawah batas normal. Ia membantah volume air di bendungan naik dan masuk status waspada.

    "Itu mungkin peringatan tahun lalu. Entah dari mana dan siapa yang mengedarkan informasi itu lagi. Saat ini kondisi di Bendungan Bili-bili, debit airmya masih dibawah batas normal," kata Adnan, di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Jumat, 3 Januari 2020.

    Meskipun intensitas hujan dan angin terus melanda Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan sejak 1 Januari 2020. Tapi, Pemerintah Kabupaten Gowa memastikan tidak ada penambahan debit air di Bendungan Bili-bili secara signifikan. 

    "Jangan mudah termakan berita, karena itu hoaks, dahulukan mencari kebenarannya," tegasnya.

    Kendati demikian, ia tetap mengajak seluruh masyarakat untuk tetap waspada.

    Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang, Suparji menambahkan, saat ini status Bendungan Bili-bili dibawah normal dengan Tinggi Muka Air (TMA) sebesar 80,35 mdpl dan volume 53.194 juta m3.

    "Secara teknis, TMA yang normal berada pada angka 99 meter. Jika sudah di atas 100 meter, baru dalam status siaga. Artinya, bendungan harus membuka pintu airnya atau spilway tinggi-tinggi untuk mengurangi tekanan air pada dinding waduk," terangnya.

    Prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi,dan Geofisika (BMKG) Makassar, Jumat hingga Sabtu, 4 Januari 2020 di 18 kecamatan di Kabupaten Gowa berpotensi hujan lokal, hujan sedang hingga hujan tebal, disertai kilat/petir.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id