comscore

Ridwan Kamil: Kewenangan Kasus Holywings Ada di Bupati dan Wali Kota

Roni Kurniawan - 28 Juni 2022 13:20 WIB
Ridwan Kamil: Kewenangan Kasus Holywings Ada di Bupati dan Wali Kota
Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil (kiri) seusai menghadiri Hari Kesatuan Gerak PKK ke-50 Tahun 2022 Tingkat Provinsi Jawa Barat, di Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Selasa (28/6/2022). (ANTARA/Ajat Sudrajat)
Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku tidak memiliki kewenangan untuk menindak langsung jika terjadi pelanggaran di kafe dan bar Holywings. Pasalnya, berbagai aspek perizinan hiburan berada di wilayah kota/kabupaten termasuk Holywings.

"Kebijakannya sebetulnya kalau di Jakarta ada di gubenur, dan kalau di luar Jakarta se-Indonesia raya itu kewenangannya izin hiburan, hotel, restoran, itu ada di walikota atau bupati," kata Emil di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Selasa, 28 Juni 2022. 
Emil sendiri meminta Pemerintah Kota Bandung dan Bogor untuk mengambil sikap tegas terkait promosi minuman keras (miras) secara gratis bagi warga yang memiliki nama Muhammad dan Maria yang dilakukan Holywings. Terlebih Holywings berada di Bandung dan Bogor yang menjadi magnet pusat hiburan.

Menurut Emil, imbauan tersebut telah disampaikan langsung kepada Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, dan Wali Kota Bogor, Bima Arya. Emil menilai dua daerah tersebut harus benar-benar mengusut terkait pelanggaran yang dilakukan Holywings.
 
Baca: Ridwan Kamil Minta Kepala Daerah Tegas Jika Ada Pelanggaran di Holywings

"Jadi saya harapkan di Bandung dan di Bogor untuk mengambil tindakan setegas-tegasnya jika secara aspek hukum dan kepatutan ada pelanggaran. Jadi itu himbauan saya kepada pak Yana dan Bima Arya," ujar Emil 

Sementara itu, Pemkot Bandung baru akan memanggil manajemen Holywings pada hari ini untuk dimintai keterangan terkait promosi miras gratis bagi warga yang memiliki nama Muhammad dan Maria. Bahkan sebelumnya Pemkot bersama polisi telah merazia dua gerai Holywings Bandung dan menyita ratusan botol miras.

"Kan kalau perizinan itu mungkin dibedakan dengan SARA-nya, kemarin kan pihak aparat sudah menyita seluruh minuman dua macam itu. Hari ini sih supaya pemanggilan itu dilakukan sekali nanti oleh pemkot, aparat juga kita lakukan hari ini. Jadi nanti soal izin, sara-nya kita tanya di momen itu. Hari ini insya allah," kata Yana di Hotel Preanger Bandung, Selasa, 28 Juni 2022.

(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id