comscore

Jelang Ramadan, Puluhan Ribu Peziarah Padati Makam Gus Dur di Jombang

Clicks.id - 28 Maret 2022 07:15 WIB
Jelang Ramadan, Puluhan Ribu Peziarah Padati Makam Gus Dur di Jombang
Makam Gus Dur dibanjiri peziarah (Foto / Metro TV)
Jombang: Menjelang datangnya bulan suci Ramadan 1443 H, makam Presiden ke 4  KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang ada di komplek pondok pesantren Tebuireng Jombang dibanjiri peziarah. Bahkan pada Minggu 27 Maret 2022 jumlah peziarah kiasaran 20 ribu orang.

Padatnya pengunjung itu terlihat di jalan raya depan Pesantren Tebuireng. Arus lalu lintas padat merayap. Rombongan peziarah datang dengan berbagai kendaraan. Ada yang menggunakan bus, mobil pribadi, minibus elf, serta kendaraan roda dua.
Jalan kecil atau gang di sekitar Pesantren Tebuireng juga padat. Sedangkan area parkir di kawasan religi tersebut juga penuh. Padahal, area tersebut sanggup menampung 250 unit bus.

“Hari ini parkiran penuh. Banyak yang berada di luar. Kapasitas parkiran tersebut 250 unit bus,” kata pengurus pesantren Tebuireng Jombang Teuku Azwani, Minggu 27 Maret 2022.

Azwani menjelaskan, padatnya peziarah tersebut terjadi sejak sepekan terakhir. Itu karena mendekati bulan suci Ramadan. Sehingga banyak umat muslim yang berziarah ke makam leluhur serta ulama.

Baca: Jelang Ramadan, Ratusan Botol Miras di Pandeglang Disita

Apalagi, selain makam Gus Dur, di pesantren Tebuireng juga terdapat makam ulama lainnya. Di antaranya pendiri NU KH Hasyim Asyari, pahlawan nasional KH Wahid Hasyim, kemudian KH Yusuf Hasyim, KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah, serta makam kerabat pesantren Tebuireng lainnya.

“Hari ini jumlah peziarah sekitar 20 ribu. Meningkat beberapa kali lipat dibanding hari biasanya. Karena ini minggu terakhir menjelang Ramadan 1443 H,” kata pria kelahiran NAD (Nangroe Atjeh Darussalam) ini.

Azwani mengatakan meski jumlah peziarah membludak, namun mereka tetap diminta mematuhi protokol kesehatan. Yakni, mencuci tangan menggunakan sabun sebelum memasuki area makam, serta mengenakan masker. Azwani juga mengatakan bahwa peziarah datang dari berbagai kota. Kebanyakan dari mereka datang secara rombongan.

“Untuk detail berasal dari mana peziarah itu, kita cek dulu di buku tamu,” ujarnya.

(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id