comscore

Arus Pelancong Melalui Pelabuhan di Jambi Diperketat

Media Indonesia.com - 29 Desember 2021 12:43 WIB
Arus Pelancong Melalui Pelabuhan di Jambi Diperketat
Para penumpang kapal dari luar Jambi yang berlabuh di Pelabuhan Roro, Kuala Tungkal Jambi. (MI?Solmi Suhar)
Jambi: Polda Jambi memperketat asru masuk orang melalui pelabuhan di Kabupaten Tanjungjabung Barat dan Tanjungjabung Timur. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran covid-19, termasuk Omicron

Kepala Biro Operasional Polda Jambi Kombes Feri mengatakan, daerah pesisir timur Jambi, merupakan salah satu pintu masuk orang, pelancong maupun barang dari luar negeri via Batam, menuju Jambi. Salah satunya, adalah kawasan pelabuhan di Kota Kuala Tungkal, daerah pesisir Kabupaten Tanjungjabung Barat.
"Dari dua minggu yang lalu kita sudah perintahkan kapolres setempat untuk melakukan pengetatan. Baik di pelabuhan resmi, maupun pelabuhan-pelabuhan kecil atau istilahnya pelabuhan tikus," kata Feri.

Setiap pendatang yang berlabuh di Kuala Tungkal, kata dia, diperintahkan untuk menjalani swab antigen. Selai itu pendatang atau pelancong wajib menyertakan bukti sudah vaksin hingga dosis kedua.

"Untuk mencegah dari luar, artinya ada kemungkinan warga yang dari luar negeri menghindari karantina yang tadinya 10 hari menjadi 14 hari," terangnya.

Baca: Satgas Optimistis Penanganan Covid-19 di 2022 Lebih Baik

Dia menerangkan, modus yang kerap dipakai ialah masuk lewat jalur laut lewat Singapura masuk ke Batam, Batam ke Tungkal. Tapi, kata dia, hingga kini belum ditemukan kasus positif covid-19 dari pelancong atau pendatang.

"Ini adalah upaya antisipasi kita," tegas Feri.

Senada, Pelaksana Tugas Kadishub Provinsi Jambi Ismed mengatakan, pendatang via pelabuhan Kuala Tungkal wajib sudah divaksin lengkap, menunjukkan hasil negatif rapid antigen dan masuk ke aplikasi PeduliLindungi. 

"Kemudian yang tidak kalah pentingnya juga termasuk pembatasan orang di dalam kapal itu maksimal 75 persen," jelas Ismed.

Khusus pengawasan pelancong dari luar negeri, pihaknya mengantisipasi kedatangan warga yang baru pulang dari nonton piala AFF di Singapura. (SL)

(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id