Sumut Pengekspor Terbesar Wortel Nasional

    Antara - 26 Juli 2020 06:40 WIB
    Sumut Pengekspor Terbesar Wortel Nasional
    Petugas Karantina Pertanian memeriksa wortel untuk ekspor. Antara/Humas Karantina Pertanian Belawan
    Medan: Sumatera Utara masih tercatat sebagai pengekspor terbesar wortel dari Indonesia hingga semester I 2020. Komoditas yang dikirim ke pasar global mencapai 97 persen total ekspor wortel nasional.

    "Dari total ekspor wortel Indonesia yang sebanyak 12,2 ton di semester I 2020, sebanyak 97 persen berasal dari Sumut," ujar Kepala Karantina Pertanian Belawan, Hasrul di Medan, Sabtu, 25 Juli 2020.

    Wortel yang diekspor berasal dari Kabupaten Karo. Wilayah tersebut tercatat sebagai salah satu sentra penghasil wortel kualitas terbaik di Indonesia.

    Pada 2019, ujar Hasrul, Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Belawan sudah pernah menyertifikasi ekspor wortel dengan skala kecil ke negara Jepang. Ekspor tersebut hanya sebagai contoh.

    "Di 2020 inilah benar-benar ekspor wortel ke Malaysia dan Singapura," ujar Hasrul.

    Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Ali Jamil menyebutkan, ekspor wortel sudah dilakukan 30 kali ke Malaysia, Singapura, dan Timor Leste selama semester pertama 2020. Nilai ekspor Rp179 juta.

    Ali Jamil menyebutkan Malaysia masih menjadi negara pengimpor terbesar. Ekspor wortel ke Singapura baru mencapai 300 kilogram dalam dua kali pengiriman. Sementara ekspor wortel ke Timor Leste sudah tujuh ton.

    "Kementan melalui direktorat teknisnya dan Dinas Pertanian Sumut terus berupaya meningkatkan kualitas, perluasan pasar dan pendapatan petani dengan penggunaan benih unggul dan sarana pertanian modern," ujar Jamil.

    (SUR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id