9.773 Warga Surabaya Sudah di Rapid Test

    Syaikhul Hadi - 14 Mei 2020 21:41 WIB
    9.773 Warga Surabaya Sudah di <i>Rapid Test</i>
    Rapid test massal di Surabaya. Iatimewa
    Surabaya: Pemerintah Kota Surabaya terus melakukan rapid test massal di sejumlah wilayah. Hingga Kamis, 14 Mei 2020 warga Surabaya yang sudah dilakukan rapid test sebanyak 9.773 orang. 

    Koordinator Bidang Pencegahan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, Febria Rachmanita, mengatakan rapid test massal dilakukan untuk mengetahui lebih awal terkait penyebaran covid-19 di Surabaya. Selanjutnya, mereka yang dinyatakan reaktif akan dilakukan tes swab. 

    "Hingga hari ini total rapid test yang telah dilakukan di Kota Surabaya kurang lebih mencapai 9.773 orang. Yang reaktif akan dilakukan swab tes. Ada yang langsung pada saat itu juga, ada juga yang besoknya," ujar Feny sapaan akrabnya, Kamis, 14 Mei 2020. 

    Dia memerinci, kawasan yang sudah dilakukan rapid test massal seperti di kawasan Rungkut Lor sebanyak 176 orang. 74 di antaranya reaktif, dan 102 orang dinyatakan negatif. Sedangkan untuk wilayah Rungkut Kidul, sudah dilakukan rapid test sebanyak 149 orang.

    "Rinciannya, 70 warga berstatus negatif dan 79 lainnya lagi dinyatakan reaktif," terangnya.

    Sementara di wilayah Kedung Baruk, ada sekitar 149 orang yang dilakukan rapid test. 96 orang negatif, dan 53 orang dinyatakan reaktif. Begitu juga di Kedung Asem ada 173 orang dilakukan rapid test, 61 orang reaktif dan sisanya sebanyak 112 orang dinyatakan negatif. 

    Tak hanya dipermukimam warga, Dinas Kesehatan juga menggelar rapid test massal di sejumlah pasar. Seperti Pasar Genteng, Pasar Simo dan Simo Gunung, serta Pasar Keputran.

    “Untuk hasilnya, Pasar Genteng total ada 50 yang reaktifnya ada 25 orang. Pasar Keputran ada 15 reaktif dari 50 orang,” tambahnya. 

    Dia mengungkapkan, akan terus melakukan rapid test massal agar bisa menekan angka penyebaran covid-19 dan memisahkan warga yang reaktif dan negatif. Mereka yang reaktif akan dipisahkan ke hotel sembari menunggu hasil tes swab. 

    Pihaknya berharap, agar warga masyarakat tetap mengedepankan kedisiplinan dan menjaga diri agar terbebas dari penyebaran covid-19. Terutama tetap menerapkan physical distancing, menggunakan masker dan rajin mencuci tangan.



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id