Baut Penyangga Jembatan Musi II Lepas

    Gonti Hadi Wibowo - 19 Maret 2020 20:30 WIB
    Baut Penyangga Jembatan Musi II Lepas
    Kondisi kerusakan jembatan Musi II Palembang. Foto: Gonti Hadi Wibowo/Medcom.id
    Palembang: Jembatan Musi II Lama Palembang ditutup selama 14 hari. Penutupan akibat besi penyangga lantai jembatan lepas.

    Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah V Palembang, Kgs Syaiful Anwar mengatakan kejadian lepasnya penyangga jembatan Musi II terjadi pada Rabu, 18 Maret 2020 malam. Saat meninjau lokasi, pihaknya menemukan tiga besi penyangga lantai yang berbaut terlepas. 

    "Ini murni karena menginggat usia jembatan Musi II Palembang dibangun tahun 1990 silam artinya sudah tua dan bulan karena dicuri,” kata Syaiful, Kamis 19 Maret 2020.

    Agus menilai wajar baut-baut pada lantai jembatan lepas karena pembangunan Jembatan Musi II pada tahun 1994.

    "Kondisinya cukup termakan usia, apalagi beban jembatan yang menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir tersebut agak berat karena dilintasi kendaraan bertonase setiap harinya," kata Agus.

    Perbaikan Jembatan Musi II Lama, lanjut dia, berlangsung dalam selama 14 hari. Oleh karena ia mengimbau masyarakat agar mencari jalur alternatif lain, seperti Jembatan Ampera di pusat kota atau Jembatan Musi IV di sisi timur.

    Meskipun masih ada Jembatan Musi II Duplikat di ruas kanan sepanjang 697 meter, menurut Agus, kondisinya tidak cukup luas sehingga berpotensi menimbulkan antrean kendaraan yang menuju Seberang Ulu maupun Seberang ilir.

    "Kami juga akan pasang spanduk di sekitar jalan akses bandara, Jalan Tanjung Api-Api, dan akses Kilometer 12 untuk memberi tahu pengendara bahwa jembatan dalam perbaikan," ujarnya.




    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id