Bendum KONI Tangsel Jadi Tersangka Korupsi Dana Hibah 2019

    Farhan Mudier - 04 Juni 2021 18:55 WIB
    Bendum KONI Tangsel Jadi Tersangka Korupsi Dana Hibah 2019
    Barang bukti yang diamankan Kejari Kota Tangsel. Medcom.id/Farhan D



    Tangerang: Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan (Kejari Tangsel) menetapkan Bendahara Umum (Bendum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tangerang Selatan, Suharyo, sebagai tersangka kasus pidana korupsi dana hibah KONI tahun anggaran 2019. Dana tersebut sejumlah Rp7,8 miliar.

    Kepala Kejari Tangsel, Aliansyah, mengungkapkan pihaknya mendapat laporan terkait tersebut. Laporan tersebut mengenai kerugian negara  sebesar Rp1,2 miliar lebih. 

     



    Dari laporan itu, Kejari Tangsel kemudian melakukan pendalaman dan menetapkan bendahara umum KONI Tangsel sebagai tersangka dalam kasus tersebut. Suharyo pun ditahan di rutan di Serang, Banten. 

    "Mulai tanggal hari ini (ditahan) dari hasil surat perintah penyidikan 31 Maret dan 5 Mei. Selanjutnya kita akan limpahkan ke Pengadilan," terang Aliansyah, Jumat, 4 Juni 2021. 

    Dia mengaku, akan terus melakukan pemeriksaan dan membuka indikasi adanya tersangka lain dalam dugaan pertanggungjawaban fiktif tersebut. 

    "Nanti ada pemeriksaan lebih lanjut, tidak tertutup kemungkinan (tersangka lain),  tentunya siapa- siapa yang terlibat. Kalau alat bukti cukup. Terus kita akan kembangkan," tegas dia. 

    Baca: Dispora Bantah Terlibat Hibah KONI Tangsel

    Sebelumnya, Kepala Dispora Tangsel Entol Wiwi Martawijaya memastikan hibah daerah untuk KONI Tangsel tahun anggaran 2019 berjumlah sebanyak Rp 7,8 miliar. Dari hasil penyidikan Kejari Tangsel, penyalahgunaan dana hibah tersebut, terendus Kejari Tangsel, karena dilaporkan KONI tidak sesuai peruntukkannya.
     
    "Salah satunya perjalanan fiktif. Dua ke Jawa Barat dan satu ke Batam. Secara kasar, sementara hampir Rp700 juta sekian dari total kerugian dari anggaran sebesar Rp7,8 miliar," ungkap Kepala Seksie Pidana Khusus Kejari Kota Tangsel, Ate Quesyini Ilyas.

    (SYN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id