Headline News

    Lurah di Jeneponto Ngamuk Karena Tak Mau Mematuhi Prokes

    MetroTV - 31 Juli 2021 16:55 WIB
    Lurah di Jeneponto Ngamuk Karena Tak Mau Mematuhi Prokes
    Ilustrasi. Foto: Dok/Medcom.id



    Jeneponto: Seorang lurah di Jeneponto, Sulawesi Selatan mengamuk dan menjadi pemicu pengusiran tenaga kesehatan yang hendak memakamkan jenazah pasien covid-19.

    Seorang oknum lurah di Jeneponto mengamuk dan melakukan aksi provokatif terhadap tenaga kesehatan (Nakes). Akibat ulah oknum tersebut, para nakes yang hendak memakamkan jenazah pasien covid-19 itu pun, diusir oleh warga hingga hampir dikeroyok.

     



    "Kami datang bertujuan untuk mengedukasi keluarga dan warga sekitar untuk tetap mematuhi protokol kesehatan," kata Kabid Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Jeneponto, Suryaningrat, Sabtu, 31 Juli 2021.

    Menurut Suryaningrat, sejumlah Nakes yang dikirim Satgas Penanganan Covid-19 Jeneponto ini datang hanya untuk menjalankan tugasnya yaitu, memakamkan jenazah.

    Namun, para Nakes yang sudah berperalatan lengkap itu terpaksa harus gagal memakamkan jenazah menggunakan protokol kesehatan. Hal ini diakibatkan adanya penolakan dari pihak keluarga dan warga setempat.

    "Terjadi penolakan hingga kami diusir," jelas dia.

    Suryaningrat pun mengatakan, kejadian ini terjadi akibat oknum lurah tersebut tidak terima akan hasil tes covid-19 keluarganya yang dinyatakan positif. Sehingga, ia menolak untuk dilakukan pemakaman dengan protokol kesehatan hingga hampir mencoba memukul petugas.

    "Kami berusaha untuk menjelaskan bahwa kalau ini memang betul terkonfirmasi positif (covid-19)," lanjutnya.

    Setelah pihak keluarga dan oknum lurah tersebut diberi penjelasan. Mereka tetap menolak untuk dilakukan pemakaman jenazah covid-19 sesuai protokol kesehatan. Serta, memaksa para petugas untuk mundur dan mengusir mereka.

    "Kami diminta untuk mundur, kami tidak berhasil melakukan pemakaman dengan protokol kesehatan,” kata Suryaningrat. (Aulya Syifa)

    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id