19 Warga Positif, Satu Desa di Tegal Dikarantina Wilayah

    Kuntoro Tayubi - 09 Juni 2021 12:36 WIB
    19 Warga Positif, Satu Desa di Tegal Dikarantina Wilayah
    Petugas kesehatan saat melakukan swab massal terhadap warga Pedukuhan Bulak, Desa Gantungan, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Dokumentasi/ istimewa



    Tegal: Pedukuhan Bulak RW 01 Desa Gantungan, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, terpaksa dikarantina wilayah. Hal itu dilakukan karena sebagian warga di pedukuhan tersebut terpapar covid-19.

    Kepala Puskesmas Jatinegara, Ulinuha, mengatakan klaster permukiman di pedukuhan itu berawal dari pemeriksaan pasutri, Siti Mutoyah dan suaminya pada 25 Mei 2021. Siti yang sedang hamil 21 minggu periksa ke Puskesmas Jatinegara karena ada keluhan batuk dan setelah dilakukan swab hasilnya positif covid-19.

     



    "Keduanya langsung dikarantina di Rumah Sakit Harapan Sehat Slawi," kata Ulinuha, Rabu, 9 Juni 2021.

    Baca: NasDem Targetkan 15 Kursi di DPRD Sumsel

    Dia menyatakan setelah keduanya dikarantina, pihaknya juga melakukan tracing terhadap 5 orang yang tinggal satu rumah dengan pasangan suami istri tersebut. Tracing dilakukan pada 29 Mei 2021 lalu.

    Setelah menjalani swab, mereka juga dinyatakan positif covid-19. Pelacakan berlanjut ke orang tua Muji, Suseno, yang tinggal beda rumah. Hasil swab Suseno pun positif. Ternyata Suseno diketahui bekerja di proyek.

    "Kita lakukan swab terhadap 21 pekerja proyek yang bekerja bareng dengan Pak Suseno, diketahui positif 2 orang. Sehingga total warga yang positif 9 orang," jelasnya.

    Tracing tidak hanya berhenti di situ. Tim kesehatan juga melakukan swab terhadap seluruh warga RT 01 RW 01 Pedukuhan Bulak. Dari 130 orang yang direncanakan akan diswab, hanya 112 yang hadir dan mereka memiliki keluhan batuk dan pilek.

    Ulinuha mengungkapkan dari 112 orang yang diswab itu diketahui positif 18 orang. Kemudian ada 2 orang lagi yang hasilnya menyusul juga positif, jadi totalnya 29 orang yang positif.

    "Maka dengan adanya 29 orang yang positif itu kita musyawarah, kita koordinasi dengan Forkopimcam dan Satgas Kecamatan, maka harus dilakukan karantina wilayah. Sore ini (Selasa sore) kita melakukan karantina wilayah," ujarnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id