Lulusan Prodi Kesehatan Disiapkan Bantu Tangani Covid-19

    Ahmad Mustaqim - 02 Desember 2020 17:01 WIB
    Lulusan Prodi Kesehatan Disiapkan Bantu Tangani Covid-19
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Yogyakarta: Upaya pengajuan penambahan tenaga kesehatan (nakes) untuk menangani pasien covid-19 yang dilakukan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ke pemerintah pusat kemungkinan sulit terealisasi. Sejumlah skenario disiapkan untuk memenuhi kebutuhan sekitar 200 nakes. 

    "Di pusat juga banyak provinsi lain minta (tambahan) nakes," kata Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie, di Yogyakarta, Rabu, 2 Desember 2020. 

    Menurut Pembajun, Pemerintah DIY diizinkan merekrut potensi nakes lokal. Ia menyebut, lulusan jurusan kesehatan akan coba diberdayakan. 

    "Di Yogya banyak kampus kesehatan. Yang baru lulus akan diberikan pelatihan untuk membantu merawat pasien covid-19," ujarnya. 

    Menurut dia, lulusan di bidang kesehatan telah memiliki kompetensi yang sesuai. Namun, kata dia, lulusan tersebut belum memiliki izin praktik. 

    Baca juga: Warga Kota Bekasi Diimbau Cek Kesehatan Usai Liburan

    "Mereka lulus sudah sesuai kompetensinya, tapi belum miliki izin praktik. Kami sebut mereka relawan dan akan dilatih beberapa hari untuk melayani (pasien) covid-19," tuturnya. 

    Bila terealisasi, pemerintah pusat akan membantu pemberian insentif. Selain itu, kata Pembajun, pihaknya akan berkomunikasi dengan organisasi atau komunitas profesi, seperti perkumpulan perawat maupun Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Mereka akan diajak berproses menyesuaikan kebutuhan rumah sakit. 

    "Dengan begitu, harapannya kebutuhan sekitar 200-an nakes terpenuhi. (Nakes) yang direkrut harapanya semua terpenuhi," ucapnya. 

    Ia menambahkan, saat ini dibutuhkan relawan nonnakes. Relawan itu bertugas menguatkan penerapan protokol kesehatan untuk mendukung pencegahan dan memutus penularan covid-19. 

    "Relawan nonnakes dibutuhkan di bawah. Saat ini yang butuh disosialisasi tak hanya lansia, tapi juga orang usia produktif yang mulai kendor menerapkan protokol kesehatan," ungkap dia.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id