Galang Dana Beli Kapal Pengganti KRI Nanggala-402 Terkumpul Rp365 Juta

    Ahmad Mustaqim - 27 April 2021 23:54 WIB
    Galang Dana Beli Kapal Pengganti KRI Nanggala-402 Terkumpul Rp365 Juta
    Kapal selam KRI Nanggala-402 saat latihan Pratugas Satgas Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Maphilindo 2017 di Laut Jawa. Foto: Antara/Syaiful Arif



    Yogyakarta: Pengurus Masjid Jogokariyan Yogyakarta melakukan penggalangan dana untuk membeli kapal selam pengganti KRI Nanggala-402 yang telah karam. Penggalangan dana terkumpul hingga ratusan juta dan akan dilakukan hingga dua bulan ke depan.

    "(Hasil sementara penggalangan dana) sejak kemarin pagi sampai sore sudah terkumpul Rp200 juta. Dan siang tadu sudah Rp365 juta," kata Ketua Dewan Syuro Masjid Jogokariyan Yogyakarta, Muhammad Jazir, di Yogyakarta, Selasa, 27 April 2021.






    Baca: Pemkab Majalengka Buat Penyekatan di 11 Titik

    Jazir mengatakan penggalangan dana semula diinisiasi Himpunan Anak-anak Masjid Jogokariyan. Kelompok ini semula melakukan penggalangan dana di area Pasar Sore Kampoeng Ramadhan Jogokariyan pada Minggu, 15 April 2021. Saat itu dana Rp6.584.500 dan diberikan ke Pangkalan TNI Angkatan Laut di Yogyakarta.

    "Karena banyak yang merespon kami buka (penggalangan dengan rekening. Masjid Jogokariyan membuka rekening khusus untuk donasi (pembelian) kapal selam," jelasnya.

    Ia menilai tindakan itu diambil sebagai bentuk kecintaan kepada negara. Menurut dia, luasan laut yang terhampar harus dijaga dengan alutsista yang mumpuni.

    "Negara yang kaya raya kok tanpa perlindungan dan pertahanan yang cukup. Kedaulatan laut harus dijaga," ungkapnya.

    Ia menyebut telah mengumpulkan informasi harga kapal selam buatan PT PAL. Harga satu unit kapal selam sejenis KRI Nanggala-402, kata dia sekitar Rp1,7 triliun. Ia memperkirakan, target dana hingga jumlah tersebut bisa terpenuhi dengan durasi waktu penggalangan dana sekitar dua bulan.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id