comscore

Pasokan Listrik dan Pangan di Banten Aman Jelang Akhir Tahun

Hendrik Simorangkir - 09 Desember 2020 20:05 WIB
Pasokan Listrik dan Pangan di Banten Aman Jelang Akhir Tahun
Telekonferensi High Level Meeting (HLM) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dengan agenda Kondisi Ketahanan Pangan Menjelang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 Provinsi Banten. (Foto: Medcom.id/Hendrik)

Babar mengungkapkan akibat pandemi covid-19, terjadi efek domino terhadap daya beli masyarakat. Pada triwulan III 2020, di pasar tradisional terjadi penurunan omzet pada pedagang hingga 50 persen.

"Pada Triwulan IV 2020 terjadi peningkatan omzet menjadi 80 persen. Salah satunya ada peningkatan permintaan bahan pokok untuk bantuan sembako," ujar dia.
Ia melanjutkan, pada Triwulan IV 2020 diharapkan tekanan terhadap pertumbuhan sektor industri di Banten berkurang seiring dengan meningkatnya permintaan ekspor barang.

Kemudian pada Triwulan III 2020, pertumbuhan sektor industri di Banten tertekan hingga -5,12 persen. Pada situasi normal, rata-rata kontribusi sektor industri terhadap PDRB Provinsi Banten mencapai 30 persen.

Baca juga: IGD RSUDAM Lampung Tetap Layani Kedaruratan Pasien

"Perlambatan sektor industri berdampak pada sektor perdagangan. Pada Triwulan III 2020, sektor perdagangan mengalami pertumbuhan negatif hingga 2,26 persen. Sementara, rata-rata kontribusi sektor perdagangan perdagangan terhadap PDRB Provinsi Banten mencapai 13,5 persen," papar dia.

Babar menjelaskan untuk bahan baku industri masih mengandalkan impor, sehingga berdampak pada sektor perdagangan. Akibat pandemi covid-19 juga dapat mempengaruhi daya beli masyarakat.

"Keberadaan BUMD Agrobisnis Banten Mandiri mudahan-mudah mampu mengintervensi ketersediaan bahan pokok dan mampu memberikan subsidi untuk keterjangkauan masyarakat," jelasnya.

(MEL)



Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id