Banyak Pemudik Lolos, Satpol PP DIY: Kami Bukan Robot

    Ahmad Mustaqim - 15 Mei 2021 08:15 WIB
    Banyak Pemudik Lolos, Satpol PP DIY: Kami Bukan Robot
    ilustrasi Medcom.id



    Yogyakarta: Banyak pemudik diperkirakan lolos dari pemeriksaan di perbatasan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penjagaan di perbatasan diakui tidak bisa memeriksa semua pengendara yang melintas di jalur masuk wilayah Yogyakarta.

    Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad, mengatakan sulit merealisasikan pemeriksaan tanpa henti selama 24 jam. Ia mengatakan, ada keterbatasan yang dialami petugas di lapangan.

     



    "Kami manusia, bukan robot, apalagi saat awal penyekatan masih dalam kondisi puasa," kata Noviar dihubungi, Jumat, 14 Mei 2021.

    Namun, kata dia, sebanyak 3.227 kendaran telah dipaksa putar arah di tiga pos penjagaan, yakni Prambanan dan Tempel (Kabupaten Sleman), serta Temon (Kabupaten Kulon Progo). Catatan itu sejak kebijakan larangan mudik Lebaran mulai 6 Mei 2021.

    Baca: Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Kembali Dibuka

    "Kalau total kendaraan yang diperikaa sebanyak 10.422. Pengendara yang tak melengkapi persyaratan kami minta putar balik," kata dia.

    Ia menerangkan, ribuan kendaraan yang masuk ke DIY telah melengkapi sejumlah persyaratan. Selain surat tugas dari kantor, ada juga surat keterangan dari kepala desa. Selain itu, juga membawa surat hasil skrining covid-19.

    Noviar menyatakan, sebagian besar yang diminta putar arah berasal dari kawasan Jawa Tengah. Bahkan, ada yang menolak mengikuti tes usap antigen meski difasilitasi gratis.

    "Kalau ada yang lolos kami sudah antisipasi koordinasi dengan Satgas covid-19 di tingkat desa agar mengarantina pendatang," ujarnya.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id