Mentan Siap Dukung Ekspor Cabai Kering hingga 3.000 Ton

    Muhammad Syawaluddin - 22 November 2020 17:35 WIB
    Mentan Siap Dukung Ekspor Cabai Kering hingga 3.000 Ton
    Mentan RI, Syahrul Yasin Limpo, saat melepas ekspor 11,5 Cabai Kering ke Pakistan, di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu, 22 November 2020. (Foto: Istimewa)
    Makassar: Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, berjanji akan mendukung ekspor cabai merah. Bahkan, ia siap untuk menyiapkan hingga 3.000 ton jika pasar ekspor untuk komoditi cabai merah banyak diminati pasar internasional. 

    "Hari ini kontrak mereka 100 ton. Bagi saya, 1.000 sampai 3.000 ton saya bisa siapkan," katanya, saat melepas ekspor 11,5 ton cabai kering ke Pakistan, di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu, 22 November 2020.

    Mantan Gubernur Sulsel itu mengatakan, dengan ekspor membuktikan bahwa cabai kering yang selama ini tidak bernilai di pasar tradisional, ternyata memiliki pasar yang bagus di luar negeri. Sehingga, harus terus didorong untuk meningkatkan ekspor Tanah Air. 

    Apalagi, kata dia, cabai merupakan komoditas yang mudah ditemukan di Indonesia, khususnya Sulawesi Selatan. Sehingga menurutnya ekspor cabai kering memiliki prospek yang cukup baik dan bisa tersedia. 

    Baca juga: Belasan Santriwati di Cianjur Terpapar Covid-19

    "Ini prospeknya cukup bagus dan potensi untuk itu kita tersedia," jelasnya. 

    Syahrul pun meminta tak perlu menilai dari seberapa besar jumlah, alih-alih mendorong dan bergerak agar komoditas pertanian, baik untuk ketahanan pangan maupun ekspor terus berjalan. 

    "Jangan ukur berapa uang atau nilainya. Tapi terus melangkah jangan berhenti. Jajaran pertanian harus terus bergerak," ungkap dia.

    Menurut Syahrul, keberhasilan ekspor menuju pasar baru di Asia bukanlah sesuatu yang mudah. Apalagi dalam perjalananya eksportir selalu dihadapkan dengan perizinan dan tingkat kepercayaan terhadap suatu negara. Karena itu, Mentan ingin para pengusaha dan eksportir terus berjalan konsisten walau komoditas yang diekspor masih sebatas komoditas biasa.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id