Warga Senaru Lombok Dilanda Krisis Air Bersih

    Antara - 19 Maret 2019 16:07 WIB
    Warga Senaru Lombok Dilanda Krisis Air Bersih
    Seorang perempuan melintas dekat rumah yang roboh akibat gempa bumi di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Montong Gading, Selong, Lombok Timur, NTB, Senin (18/3/2019). ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi.
    Lombok Utara: Warga Desa Senaru, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, kembali dilanda krisis air bersih pascagempa tektonik 5,4 skala richter yang terjadi Minggu sore, 17 Maret 2019.

    Wiraman, salah seorang petani kopi yang bermukim di dekat gerbang pendakian Gunung Rinjani jalur Utara Senaru, mengatakan, air bersih yang bersumber dari mata air pegunungan di wilayah Lokok Prabu itu sudah tidak bisa lagi diandalkan oleh warga.

    "Mata airnya sudah kesumbat, tertimpa bebatuan, itu sumbernya pipa air untuk rumah-rumah warga di sini," kata Wiraman seperti dilansir Antara, Selasa, 19 Maret 2019.

    Wiraman menjelaskan, krisis air berih juga sudah terjadi warga Senaru sebelum terjadi gempa. Saluran pipa air bersih yang bersumber dari mata air pegunungan itu dikabarkan putus akibat gempa yang terjadi

    "Memang sebelum kita dapat merasakan air dari pipa yang dibuatkan teman-teman Palawa Unpad (Universitas Padjadjaran) itu, tapi sekarang kondisinya sudah terputus
    karena gempa-gempa sebelumnya," jelas Wiraman.

    Pascagempa yang terjadi Minggu, 17 Maret sore, dari pantauan Antara, banyak titik longsor terlihat bermunculan di sekitar tebing perbukitan bawah Gunung Rinjani. "Bisa jadi gara-gara gempa kemarin itu, mata air yang jadi sumber utama pasokan air bersih di Senaru ini semakin tertimbun rapat," ungkap Wiraman.

    Hal senada turut disampaikan pegiat wisata dari Senaru, Nursa yang mengungkapkan, bahwa sebelum terjadi gempa, dirinya bersama warga Senaru yang aktif dalam kelompok masyarakat telah sepakat untuk memperbaiki saluran pipa yang dibuatkan oleh relawan gempa tersebut.

    "Ya tapi itu dia, rencana cek lapangan belum bisa kesampaian karena kondisi cuaca yang belum bersahabat, hujan terus di sini," kata Nursa.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id