comscore

Jumlah Penumpang Arus Balik di Wilayah Pelabuhan Pelindo 4 Naik 319%

Muhammad Syawaluddin - 10 Mei 2022 12:04 WIB
Jumlah Penumpang Arus Balik di Wilayah Pelabuhan Pelindo 4 Naik 319%
penumpang yang tiba di Bandara Soekarno Hatta Makassar, Sulawesi Selatan. Istimewa.
Makassar: PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 mencatat total pertumbuhan jumlah penumpang di seluruh pelabuhan yang dikelola Pelindo 4 naik hingga 319 persen jika dibandingkan dengan data tahun lalu. 

Regional Head 4 Pelindo Dwi Rahmad Toto mengatakan peningkatan itu terjadi lantaran pada tahun ini pemerintah pusat memberikan izin kepada masyarakat untuk melaksanakan mudik  setelah dua tahun hal itu dilarang. 
"Kondisi tersebut kemungkinan besar memicu peningkatan arus mudik dan juga berimbas ke arus balik yang cukup signifikan hingga mencapai 319 persen pada H+5 Idulfitri tahun ini," katanya, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa, 10 Mei 2022.

Ia mengatakan, angka itu berdasarkan pada H+5 Lebaran atau hingga 7 Mei 2022 sehingga, hal itu masih bisa mengalami peningkatan. Ia juga menyebut ada H+5 arus balik Idulfitri tahun lalu total jumlah penumpang yang naik dan turun di semua pelabuhan kelolaan Pelindo di Regional 4 hanya mencapai 109.337 orang. 

"Jumlah itu meningkat 319 persen atau menjadi total 349.174 orang saat arus balik pada H+5 Lebaran tahun ini," ungkapnya. 

Baca: Bandara Juanda Catat Arus Balik 45.414 Penumpang

Toto menuturkan, persentase peningkatan tertinggi berasal dari Pelabuhan Samarinda yang mencatat angka pertumbuhan sebesar 1.245 persen, yakni dari hanya 1.316 orang penumpang pada H+5 Lebaran tahun lalu menjadi 16.378 orang di perode yang sama tahun ini.

Dilihat dari total penumpang, jumlah terbanyak didominasi oleh penumpang yang naik dan turun di Pelabuhan Makassar yakni sebanyak 50.242 orang atau meningkat 503 persen dibandingkan H+5 Idulfitri tahun lalu.

Menyusul total jumlah penumpang di Pelabuhan Balikpapan yang mencapai 41.717 orang atau meningkat 751 persen. Lalu penumpang di Pelabuhan Parepare dengan jumlah 37.443 orang atau tumbuh 637 persen. Kemudian penumpang di Pelabuhan Ternate yang mencatat peningkatan sebesar 280 persen atau menjadi 35.884 orang 

"Di posisi kelima adalah penumpang di Pelabuhan Ambon yang mengalami peningkatan sebesar 137 persen atau menjadi 28.707 orang pada H+5 Lebaran tahun ini dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” ujarnya. 

General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar, Enriany Muis, mengatakan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di arus mudik dan balik tahun ini yang diprediksi meningkat cukup signifikan. Pihaknya menyiapkan berbagai fasilitas untuk mendukung kemudahan bagi masyarakat. 

"Pelindo selaku penyedia jasa menyiapkan fasilitas terminal penumpang dan fasilitas pendukung lainnya dalam kondisi aman dan nyaman, misalnya ruang terminal penumpang yang nyaman, akses bagi disabilitas termasuk kursi roda, WiFi, ruang salat, charging box, toilet yang bersih, sudut baca dan lain sebagainya,” katanya.

(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id