comscore

Melalui Reforma Agraria, Jokowi Dinilai Komitmen Selesaikan Konflik Pertanahan

Deny Irwanto - 15 Mei 2022 21:42 WIB
Melalui Reforma Agraria, Jokowi Dinilai Komitmen Selesaikan Konflik Pertanahan
Koordinator Kegiatan Pendaftaran Hak Kantor Wilayah BPN NTT, Joni Fina. Istimewa.
Kupang: Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut mempunyai komitmen penuh dalam upaya menyudahi konflik agraria di masyarakat. Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menilai kebijakan Jokowi mampu menjadi solusi menuntaskan persoalan agraria di daerah.

"(Jokowi) meluncurkan setiap peraturan-perturan yang dibutuhkan. Pemerintah Jokowi sangat berkomitmen untuk itu," kata Koordinator Kegiatan Pendaftaran Hak Kantor Wilayah BPN NTT, Joni Fina, di Kupang, Minggu, 15 Mei 2022.
Joni menjelaskan langkah nyata tak henti terus diupayakan Jokowi dalam keseriusannya menyelesaikan persoalan agraria. Terutama, tentang sekelumit persoalan yang berkaitan dengan pemenuhan hak masyarakat adat.

Menurut Joni, komitmen nyata dari Jokowi tercermin dalam berbagai program yang sudah diluncurkan sampai saat ini. Program yang ditujukan terutama untuk mengatasi berbagai konflik agraria yang muncul di tengah kehidupan masyarakat.

"Komitmen (Jokowi) itu ditandai dengan banyak sekali program pemerintah, banyak kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan reforma agraria," kata Joni.

Joni menyebut program yang diluncukan Jokowi selama ini menjawab setiap penyelesaian menyoal konflik agraria. Meski demikian dia mengakui dalam penerapannya memerlukan penyuluhan serta dukungan dari seluruh elemen masyarakat.

Baca: 2.989 Sertifikat Tanah Dibagikan di Kabupaten Tangerang

Meski demikian, dia begitu meyakini secara perlahan kebijakan yang dikeluarkan Jokowi akan mampu menuntaskan persoalan agraria di Tanah Air. Bila sudah begitu akan berimbas positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Secara bertahap, seperti yang saya katakan tadi ini jalan panjang jadi perlu langkah konkret sedikit demi sedikit untuk sampai pada tujuan utama, yakni peningkatan kesejahteraan," ujar Joni.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id