Nadiem Fokus Kembalikan Anak Tatap Muka di Sekolah

    Ahmad Mustaqim - 14 September 2021 18:48 WIB
    Nadiem Fokus Kembalikan Anak Tatap Muka di Sekolah
    Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, mengunjungi Pendopo Agung Tamansiswa Yogyakarta, Selasa, 14 September 2021.Medcom.id/ Ahmad Mustaqim



    Yogyakarta: Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, meminta guru dan jajaran di lingkungan dunia pendidikan fokus mengembalikan anak-anak menjalani pendidikan tatap muka di sekolah. Meskipun pihaknya masih mengizinkan sebagian siswa menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ).

    "Fokusnya sekarang mengembalikan anak tatap muka ke sekolah. Satu-satunya vaksin PJJ adalah PTM terbatas," kata Nadiem saat di Pendopo Agung Tamansiswa Yogyakarta, Selasa, 14 September 2021.

     



    Baca: Pelaku Penganiayaan Atlet Paralimpiade di Bandung Ditangkap

    Dia merespon dari salah satu guru yang menanyakan subsidi pulsa internet untuk siswa tak menyelesaikan masalah pembelajaran saat pandemi. Hal ini didasarkan atas sejumlah kendala, seperti sejumlah wilayah yang blind spot dan kepemilikan telepon pintar yang belum merata.

    Nadiem mengakui kelemahan itu. Menurut dia sejumlah kelemahan PJJ yang ada bisa terselesaikan dengan pembelajaran di sekolah.

    Di sisi lain, pemerintah masih melanjutkan pemberian subsidi pulsa bagi pelajar yang melakukan PJJ. Subsidi pulsa internet itu diteruskan hingga akhir 2021.

    "Fokusnya jangan mengoptimalkan PJJ. Semua kepala sekolah, semua kepala dinas (pendidikan), tolong, balik ke sekolah, balik ke sekolah. Kita jangan terus ketarik-tarik tidak optimalnya PJJ," jelasnya.

    Ia menegaskan SK 4 Menteri tidak mengatur spesifik durasi hari hingga jam PTM. Menurut dia, sejumlah yang diatur yakni jumlah siswa di kelas, jarak antarsiswa, serta pelaksanaan protokol kesehatan yang lain.

    "Fokus kita sekarang, anak-anak kembali ke sekolah secepat mungkin tapi seaman mungkin. Kembalikan roh pendidikan kita yang selama ini bisa dibilang hilang selama PJJ," ujarnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id