Stok Vaksin Rabies di Rejang Lebong Kosong, Warga Korban Gigitan Anjing Was-was

    Antara - 26 November 2021 14:57 WIB
    Stok Vaksin Rabies di Rejang Lebong Kosong, Warga Korban Gigitan Anjing Was-was
    Ilustrasi. (Foto: MI/Ramdani)



    Bengkulu: Warga Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu mengeluhkan kosongnya stok vaksin anti rabies (VAR) untuk korban gigitan hewan penular rabies atau HPR yang ada di puskesmas di daerah setempat.

    "Sudah ada lima orang yang kena gigitan anjing, salah satunya dari desa kami. Beberapa hari lalu ada warga kami yang datang ke Puskesmas Padang Ulak Tanding untuk mintak suntik vaksin anti rabies karena terkena gigitan anjing tapi stok vaksinnya kosong," kata Dedek, 25, warga Desa Belumai I, Kecamatan Padang Ulak Tanding di Rejang Lebong, Jumat, 26 November 2021.

     



    Kosongnya stok vaksin anti rabies di Puskesmas setempat membuat warga yang menjadi korban kasus gigitan hewan peliharaan terutama jenis anjing bingung. Mereka khawatir jika nantinya bisa tertular virus rabies.

    Baca: Menelusuri Labuhan Jambu Surga Tersembunyi Habitat Hiu Paus di Sumbawa

    Kendati saat ini para korban kasus gigitan ini tidak menunjukan gejala-gejala tertular virus rabies, namun kosongnya VAR di masing-masing puskesmas nantinya bisa membahayakan warga yang terkena gigitan HPR baik jenis anjing, kera atau kucing.

    Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Syahfawi di tempat terpisah menjelaskan, dirinya belum mengetahui ketersediaan stok VAR yang ada di puskesmas yang tersebar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong maupun yang ada di gudang dinas kesehatan daerah itu.

    "Saya berterima kasih atas informasinya, nanti akan saya cek dahulu untuk memastikan stok VAR yang ada di Kabupaten Rejang Lebong saat ini," kata dia.

    Menurut dia, stok VAR tersebut sudah sejak beberapa lama mengalami kekosongan menyusul tidak adanya pasokan yang dikirim pihak Kemenkes. Sedangkan stok lama yang mereka miliki sudah kedaluwarsa, mengingat masa kedaluwarsanya cukup singkat.

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id