Setelah Lebaran, Candi Borobudur Dikunjungi 15 Ribu Wisatawan

    Ahmad Mustaqim - 25 Mei 2021 16:07 WIB
    Setelah Lebaran, Candi Borobudur Dikunjungi 15 Ribu Wisatawan
    Candi Borobudur. Foto : Medcom.



    Magelang: Kunjungan wisatawan di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mencapai 15 ribuan orang dalam sepekan terakhir. Meskipun, saat libur lebaran destinasi wisata tersebut ditutup.

    "Selama 18 sampai 24 Mei kunjungan wisatawan mencapai 15 ribuan lebih," kata Manajer Layanan Candi Borobudur, Ikhsan Tarima dihubungi, Selasa, 25 Mei 2021.

     



    Dalam masa itu, kata dia, jumlah kunjungan wisatawan harian dua ribuan orang. Namun, jumlah terbanyak mencapai 3.164 wisatawan pada Minggu, 23 Mei 2031.

    Menurutnya, kuota maksimal kunjungan wisatawan saat pandemi covid-19 maksimal 4 ribu orang. Menurut dia, posisi itu masih aman karena baru sekitar 3 ribuan wisatawan sebagai jumlah tertinggi.

    Baca: Tata Kawasan Borobudur, 785 Rumah Disulap Jadi Homestay

    "Jadi masih di bawah kuota. Minggu ini baru kami akan lihat, apakah ramai karena kemarin libur lebaran, atau borobudur tutup saat libur lebaran dan baru buka seminggu terakhir," ungkapnya.

    Ia mengatakan, libur Waisak besok diharap tetap ada kunjungan wisatawan sebagaimana dalam sepekan terakhir. Meskipun, libur nasional ini tanpa disertai kegiatan ibadah Waisak, seperti pelepasan lampion.

    Di sisi lain, ia mengakui, kunjungan wisatawan masih dibatasi dengan adanya pembatasan perjalanan hingga PPMK skala mikro. Dia berharap masih ada wisatawan lokal asal Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang berwisata ke Borobudur.

    "Kami melaksanakan prokes ketat dan baik. Destinasi kami cukup aman untuk dikunjungi. Kedatangan wisatawan akan memberi dampak positif ke pelaku usaha, khususnya di sekitar Borobudur maupun Magelang," kata dia.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id