Data Kematian Akibat Covid-19 di Lampung Berbeda dengan Pusat

    Lampost - 28 Juli 2021 00:13 WIB
    Data Kematian Akibat Covid-19 di Lampung Berbeda dengan Pusat
    Ilustrasi covid-19. Medcom.id



    Bandar Lampung: Perbedaan mencolok antara data kasus kematian harian akibat covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Dinas Kesehatan di daerah/provinsi. Salah satunya di Lampung.

    Data Kemenkes menyebutkan angka kematian akibat covid-19 di Lampung per Selasa, 27 Juli 2021, sebanyak 255 kasus. Hal itu, menempatkan Lampung di posisi keempat daerah dengan angka kematian tertinggi di Indonesia.

     



    Angka itu jauh berbeda dengan data yang disitat dari Dinkes Provinsi Lampung. Data terbaru per Selasa, 27 Juli 2021, menyebutkan kasus kematian harian akibat covid-19 hanya 52 orang.

    Dalam rilis tersebut dirinci sebaran kasus kematian di 15 kabupaten/kota di Lampung. Yakni Bandar Lampung sebanyak 13 orang, Lampung Selatan (13), Tulangbawang Barat (7), Lampung Utara (5), Lampung Timur (4), Pringsewu (3), Metro (2), Pesawaran (2), Pesisir Barat (2), Mesuji (2), Way Kanan (0), Tanggamus (0), Lampung Barat (0), Tulangbawang (0), dan Lampung Tengah (13).

    Baca: Mendagri Minta Pemkot Tangerang Bentuk Tim Tracing Covid-19

    Penyajian data yang jomplang rupanya tidak hanya terjadi di Lampung. Warganet juga digegerkan dengan beberapa komparasi data pusat-daerah di Pulau Jawa.

    Koalisi Warga LaporCovid-19 membeberkan ketimpangan data serupa Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Yogyakarta per 23 Juli 2021. Jumlah total kematian di Jawa Tengah versi provinsi disebutkan sebanyak 26.943, sementara versi Kemenkes hanya 16.212 jiwa.

    "Catatan data kematian level kab/kota memiliki perbedaan. Saat dilihat level provinsi, ternyata sama saja!" tulis akun laporcovid9.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id