Pemda Didorong Perbanyak Pelatihan Kerja Generasi Milenial

    Patricia Vicka - 16 Januari 2020 18:45 WIB
    Pemda Didorong Perbanyak Pelatihan Kerja Generasi Milenial
    Kunker Komisi D DPRD DIY ke Latihan Kerja dan Pengembangan Produktivitas (BLKPP) di DIY, Kamis 16 Januari 2020.
    Yogyakarta: Pemerintah DIY melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi DIY didorong memperbanyak pelatihan keterampilan kerja bagi generasi milenial. Keterampilan kerja yang dibutuhkan milenial saat ini berhubungan dengan penguasaan era digital.

    Ketua Komisi D DPRD DIY, Koewanto, mengatakan pada era digital bermunculan banyak pekerjaan baru yang digandrungi generasi milenial. Pekerjaan ini menuntut keterampilan baru misalnya Youtuber, internet marketer, dan sosial media spesialis.

    "Harapan kami Pemda membuat pelatihan kerja yang dibutuhkan generasi milenial,"ujar Koeswanto saat kunjungan kerja Komisi D ke Badan Latihan Kerja dan Pengembangan Produktivitas (BLKPP) di DIY, Kamis 16 Januari 2020.

    Hal ini ia kemukakan pasalnya BLKPP belum banyak mengadakan pelatihan kerja untuk profesi di era digital. Padahal tren kebutuhan tenaga kerja yang terampil menggunakan teknologi dan sosial media sedang meningkat.

    Politikus PDIP ini menambahkan Disnakertrans juga didorong lebih banyak merangkul generasi milenial ikut pelatihan kerja.

    Kepala BLKPP DIY Basuki Murdowo mengatakan pihaknya sudah memulai pelatihan internet marketing sejak 2019. Dalam pelatihan ini para peserta diberikan materi untuk memasarkan produk melalui dunia digital serta menjadi sosial media spesialis.

    "Sudah kami buka satu kelas. Peminatnya cukup banyak. Tahun 2020 kami buka lagi. kuota 1 kelas 16 orang. Pelatihannya sekitar 40 hari," kata Basuki.

    Setelah pelatihan BLKPP akan membantu menyalurkan peserta ke perusahaan. Pihaknya juga gencar mensosialisasikan program pelatihan kerja melalui sosial media untuk "menggaet" generasi milenial. 

     



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id