Buku Sejarah Indonesia Pecahkan Rekor MURI

    Pythag Kurniati - 27 Agustus 2019 15:17 WIB
    Buku Sejarah Indonesia Pecahkan Rekor MURI
    Buku sejarah sepanjang 11,73 meter dipamerkan di Rumah Budaya Kratonan, Solo.
    Solo: Sejumlah alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) membuat buku sejarah dengan kemasan unik. Buku berjudul 'Jejak Sejarah Indonesia' ini dicetak memanjang hingga 11,73 meter.

    Buku berisi 74 halaman itu dipamerkan di Rumah Budaya Kratonan, Solo, Selasa, 27 Agustus 2019. Selain pameran, alumni yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Alumni ITB Angkatan 1973 (Fortuga) ITB bersama Yayasan Warna Warni Indonesia juga menggelar bedah buku di lokasi yang sama.

    Tiap halaman buku tersambung dan dapat dilipat-lipat. Saat tertutup, buku ini memiliki panjang 45 sentimeter dan lebar 31 sentimeter.

    "Kalau kita buat biasa, orang pasti bosan. Ini kita buat memanjang sebagai lini waktu," kata manajer proyek penyusunan buku, Sapta Putrayadi.

    Adapun isi buku tersebut tidak sekadar sejarah Nusantara. Namun juga dipadukan sejarah dunia, mulai dari terciptanya bumi, zaman para nabi menurut berbagai kitab suci, hingga masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.

    Pembuatan lini waktu dikemas secara praktis sehingga pembaca mudah memahami. "Kita kaitkan dengan sejarah dunia, apa yang saat itu terjadi di dunia, di Indonesia terjadi apa," ujar dia.

    Tim melakukan penyusunan selama sembilan bulan. Kemudian buku cetakan pertama diproduksi sebanyak 1.000 eksemplar.

    Sapta mengatakan buku tersebut sudah tercatat dalam Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI). "Tidak hanya terpanjang di Indonesia, tapi di dunia," ujar dia.

    (ALB)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id