Transmisi Lokal, PPKM Tak Berdampak di Jepara

    Rhobi Shani - 22 Januari 2021 13:03 WIB
    Transmisi Lokal, PPKM Tak Berdampak di Jepara
    Ilustrasi - Medcom.id.
    Jepara: Pelaksanaan Pemberlakuaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali di 73 kabupaten/ kota tak berpengaruh terhadap kabupaten yang tak melaksanakan PPKM. Sebab, saat ini penyebaran covid-19 tidak lagi antardaerah, melainkan transmisi lokal.

    Juru Bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Jepara, Muh Ali, mengatakan adanya PPKM di sejumlah kabupaten/kota di Jawa Tengah diharapkan berdampak terhadap kabupaten yang tak melaksanakan PPKM, seperti Kabupaten Jepara. 

    Namun, sepekan pertama pelaksanaan PPKM di sejumlah wilayah tak mempengaruhi penyebaran covid-19 di Bumi Kartini.

    “Semula harapannya seperti itu. Sekarang ini penularan dari luar daerah kecil, karena sekarang ini transmisi lokal,” ujar Muh Ali, Jumat, 22 Januari 2021.

    Di saat sejumlah daerah melaksanakan PPKM, Kabupaten Jepara malah kembali berada di zona merah covid-19 sejak 18 Januari 2021. Selama Januari, belum genap sebulan penambahan positif covid-19 sebanyak 1.060 kasus. Jumlah itu lebih banyak bila dibanding di bulan Desember 2020 pada periode yang sama, tanggal 1 sampai 21, yaitu 1.051 kasus positif covid-19. 

    Melihat angka kasus positif terus naik dan Jepara kembali berada di zona merah, PPKM direncanakan akan diterapkan mulai 25 Januari hingga 8 Februari.

    Sebelumnya, Bupati Jepara, Dian Kristiandi, mengatakan secara tertulis Kabupaten Jepara tidak termasuk daerah yang melaksanakan PPKM pada 11 hingga 25 Januari 2021. Itu karena Kabupaten Jepara telah memiliki Peraturan Bupati Nomor 52 tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

    “Seiring PPKM di Jateng kita mendukung dan mengikuti. Walaupun Jepara tidak termasuk wilayah yang disebut untuk melaksanakan PPKM. Namun tetap meningkatkan penegakan terkait Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 52 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM),” kata Dian.

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id