Gempa di Kepulauan Mentawai Tak Sebabkan Korban

    Deny Irwanto - 17 November 2020 11:13 WIB
    Gempa di Kepulauan Mentawai Tak Sebabkan Korban
    Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Novriadi. Dokumentasi/ istimewa
    Mentawai: Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Novriadi, menyatakan tidak ada warga yang mengungsi pascagempa magnitudo 6,3 di Barat Daya Tuapejat, Sumatra Barat. Gempa mengguncang wilayah tersebut sekitar pukul 08.44 WIB, Selasa, 17 November 2020.

    "Sampai saat ini belum ada laporan dari masyarakat mengenai kerusakan bangunan atau korban akibat gempa ini dan kita terus memantau perkebmbangan keberadaan masyarakat dan alhamdulillah masyarakat tidak ada yang mengungsi," kata Novriadi dalam keterangan resmi.

    Baca: Gempa Magnitudo 6,3 Guncang Sumbar

    Dia menjelaskan berdasar data dari petugas di lapangan maupun masyarakat yang berada di Pulau Siberut terutama di Pantai Barat, gempa terasa kuat hingga membuat masyarakat berlarian keluar rumah.

    Kemudian untuk di Kecawamat Pagai Selatan dan Kota Sikakap dan pagai utara juga dirasakan masyarakat terasa kuat dan masyarakat ke luar rumah.

    Pascakejadian BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai masih mengumpulkan informasi kemungkinan dampak gempa dari para camat. Pusdalops BPBD Kota Padang juga masih mengumpulkan informasi dampak gempa. Dilaporkan dari BPBD Kota Padang, kondisi jaringan listrik normal meskipun gempa kuat terjadi. Warga Kota Padang merasakan guncangan kuat sekitar 3-4 detik.

    Sementara itu, Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

    BMKG mengidentifikasi parameter gempa berlokasi di laut pada jarak 112 km arah Barat Daya Kota Tuapejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, dengan kedalaman 13 km.

    "Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar atau strike slip fault," kata Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id