Pemkot Yogyakarta Bolehkan Setiap Kampung Gelar Salat Id

    Ahmad Mustaqim - 06 Mei 2021 11:13 WIB
    Pemkot Yogyakarta Bolehkan Setiap Kampung Gelar Salat Id
    ilustrasi Medcom.id



    Yogyakarta: Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mengingatkan masyarakat tidak asal mengadakan salat idulfitri. Prinsip dasar boleh menggelar salat id yakni daerah tersebut tidak kategori zona rawan penyebaran covid-19.

    "Salat id hanya bisa dilakukan pada zona hijau dan kuning PPKM Mikro. Kalo wilayah itu zona orange atau merah melakukan salat id di rumah masing-masing," kata Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkot Yogyakarta, Heroe Poerwadi, di Yogyakarta, Kamis, 6 Mei 2021.

     



    Baca: Aceh Tamiang Keluar dari Zona Merah Covid-19

    Selain itu Heroe mengatakan salat id boleh dilakukan dengan ketentukan tidak terjadi kerumunan. Menurut dia mekanisme pembatasan jemaah bisa dilakukan dengan memperbanyak titik salat id.

    "Lebih baik diperbanyak jumlah tempat salat id-nya daripada memaksakan di satu tempat tapi tidak bisa mengendalikan jumlah jemaah yang akan hadir," jelasnya.

    Heroe menungkapkan salat id mungkin bisa diselenggarakan di tingkat RT atau RW. Sistem pelaksanaannya dengan mendaftar atau mengundang warga. Cara ini disebut bisa memastikan kapasitas jumlah jemaah yang hadir.

    "Perhitungkan kapasitas tempat salat id upayakan cukup diisi 50 persen dari kapasitas, dengan jaga jarak, parkir dan alur keluar masuk di mesjid atau lahan yg tidak menimbulkan kerumunan," ungkap Wakil Wali Kota Yogyakarta tersebut.

    Ia menambahkan kegiatan takbir keliling tidak diperbolehkan. Takbi hanya dibolwhkan dilakukan di rumah ibadah dengan ketentuan jumlah peserta hanya 50 persen dari total kapasita.

    "Takbir dilakukan di masjid-masjid dg hanya maksimal 50 persen kapasitas, dan tidak melibatkan anak-anak. Jalankan dengan prokes maksimal," ujar Heroe.
     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id