Gubernur Sumsel Guyurkan Rp7,7 Miliar Bantu 77 Desa Persiapan

    Gonti Hadi Wibowo - 08 Oktober 2020 10:22 WIB
    Gubernur Sumsel Guyurkan Rp7,7 Miliar Bantu 77 Desa Persiapan
    ?Gubernur Sumsel saat memberikan bantuan kepada desa di Griya Agung, Rabu 7 Oktober 2020. Foto: Dokumentasi
    Palembang: Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru menyerahkan bantuan keuangan sebesar Rp7,7 miliar kepada operasional 77 desa persiapan tahun 2020. Bantuan keuangan ini diperuntukkan sebagai dana kegiatan program PKK, kegiatan posyandu, kegiatan pemuda dan olahraga, operasional kepala desa dan perangkat desa, dan prasarana kantor desa.

    Dalam sambutannya, Herman mengatakan bantuan keuangan yang diberikan kepada desa persiapan ini adalah bentuk kepedulian Pemprov Sumsel untuk membantu desa persiapan agar dapat melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan desa dan pemberdayaan masyarakat agar dapat berjalan sesuai aturan yang telah ditetapkan.

    "Kami berharap bantuan ini desa persiapan akan lebih banyak berbuat menuju desa definitif. Untuk desa yang belum teregister segera melakukan registrasi ke provinsi untuk penomoran di Kemendagri. Lakukan register ini sambil menunggu perubahan Undang-Undang," kata Herman, Rabu 7 Oktober 2020.

    Baca: 2 Tahun Menjabat, Herman Deru Tuntaskan Infrastruktur Hingga ke Desa

    Menurutnya, bantuan senilai Rp100 juta untuk setiap desa di 77 desa persiapan itu memang jumlahnya tidak besar. Maka dari itu pihaknya mengimbau perangkat daerah untuk bersama mengencangkan ikat pinggang.

    "Semoga ini menjadi stamina agar desa persiapan tetap bertahan dan pelayanan masyarakat tidak terganggu," ujarnya.

    Seperti diketahui, bantuan keuangan ini bukan kali pertama berikan. Pada 2019 lalu Herman Deru juga telah mengguyurkan bantuan keuangan untuk desa persiapan dan kelurahan dengan jumlah dana sebesar Rp84,5 miliar. 

    Sedangkan tahun ini Herman Deru memberikan bantuan keuangan sebesar Rp100 juta untuk 77 desa persiapan dengan total bantuan Rp7,7 miliar.

    "Bantuan ini nantinya akan disalurkan melalui Bank Sumsel Babel ke rekening induk. Selanjutnya kepala urusan keuangan desa induk mencatat bantuan keuangan tersebut untuk diberikan kepada Pj kepala desa persiapan," ungkapnya.

    Herman menjelaskan, bantuan ini akan terus digelontorkan Pemprov sebagai bentuk tanggungjawab. Bantuan akan diberikan setiap tahun sampai desa-desa tersebut menjadi desa definitif. 

    Adapun penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara simbolis kepada tujuh desa persiapan dari beberapa kabupaten yakni di Kabupaten Muara Enim, Ogan Komering Ulu (OKU), dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

    (ALB)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id