Pemkab Sumenep Target Bebas TBC pada 2024

    Rahmatullah - 27 Oktober 2020 15:51 WIB
    Pemkab Sumenep Target Bebas TBC pada 2024
    Bupati Kabupaten Sumenep, Busyro Karim. Medcom/ Rahmatullah
    Sumenep: Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menargetkan tahun 2024 mendatang daerahnya bebas penyakit TBC (Tuberculosis). Penanganan TBC menjadi fokus Pemerintah Daerah selain pandemi covid-19.

    "Kita mempunyai kondisi yang lebih berat dibandingkan daerah lain. Kita kepulauan sehingga perlu perencanaan dan pendataan yang merata," kata Bupati Kabupaten Sumenep, Busyro Karim, di aula Arya Wiraraja Kantor Pemkab Sumenep, Selasa, 26 Oktober 2020.

    Baca: Jelang Libur Panjang, Wakapolri Imbau Warga Patuh Protokol Kesehatan

    Busyro menyatakan agar target tahun 2024 daerahnya bebas TBC, perlu dilakukan kerjasama dengan berbagai pihak dan organisasi kesehatan termasuk Kementerian Kesehatan. Penuntasan kasus TBC tersebut menjadi program jangka panjang.

    "Kita punya target bahwa tahun 2024 bebas TBC untuk Kabupaten Sumenep. Semoga target itu dapat tercapai. Kita juga ucapkan terimakasih kepada Kementerian Kesehatan," jelasnya.

    Ia mengungkapkan sesuai data sekarang di Kabupaten Sumenep ada sekitar 1.500 pasien TBC. Kasus ini perlu penanganan serius agar bisa selesai dan tidak terjadi penularan.

    Bupati Kabupaten Sumenep dua periode ini juga mengajak semua lapisan masyarakat mendukung dan mensosialisasikan pencegahan penularan TBC. Sebab keberadaan penyakit ini tidak terlepas dari berbagai faktor seperti tingkat pendidikan hingga pola hidup.

    "Penyakit ini tidak hanya menjadi perhatian di tingkat nasional namun juga secara internasional. Ini obatnya sudah ada jadi tinggal bagaimana pola hidup sehat ditingkatkan," ujarnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id