comscore

BPS Papua Alokasikan Dana Khusus Pendataan di Daerah Rawan

Roylinus Ratumakin - 19 Februari 2020 15:19 WIB
BPS Papua Alokasikan Dana Khusus Pendataan di Daerah Rawan
Kepala BPS Papua Simon Sapary saat menunjukkan aplikasi Sensus daring. Medcom.id/Roylinus Ratumakin.
Jayapura: Papua menjadi salah satu daerah rawan yang harus dihadapi oleh para petugas Badan Pusat Statistik (BPS) dalam melakukan sensus penduduk konvensional. Daerah rawan tersebut berada di pedalaman Papua khususnya di pegunungan Papua yang terkenal rawan dari gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Kepala BPS Papua, Simon Sapary, mengatakan sensus penduduk dengan metode konvensional akan dimulai pada Juni 2020 mendatang. Pihaknya akan mengalokasikan dana khusus untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terakit sensus dengan metode konvensional.
"Pastinya ada dana khusus yang diperuntukan kepada pihak kaemanan dalam membantu kami mengawal proses sensus penduduk dengan metode sensus konvensional," kata Simon di Jayapura, Rabu, 19 Februari 2020.

Simon menjelaskan banyak pihak yang menduga sensus konvensional di Papua bakal tersendat karena kondisi geografis dan juga daerah rawan konflik yang dilakukan oleh KKB.

"Agenda (sensus) tetap harus dijalankan karena data kependudukan akan menjadi dasar untuk pemerintah membuat kebijakan. Soal daerah rawan, pastinya pihak keamanan sudah memetakannya, dan kami siap bekerjasama dengan pihak keamanan untuk kelancaran agenda ini," jelas Simon.

Simon memastikan pihaknya tidak ada kriteria khusus untuk mencari petugas sensus yang akan ditugaskan ke sejumlah kabupaten yang dalam beberapa tahun belakangan sering terjadi aksi penembakan. Simon optimis sensus konvensional bisa berjalan lancar.

"Kriteria petugas yang turun (dikontrak) tidak ada yang khusus. Semuanya disesuaikan dengan kondisi daerah tersebut. Intinya bahwa semua proses sensus dapat berjalan dengan baik dengan mengikuti metode yang sudah pakem di BPS," pungkas Simon.

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id