Kota Bandung Kaji PSBB di Zona Merah

    Antara - 18 Mei 2020 20:08 WIB
    Kota Bandung Kaji PSBB di Zona Merah
    Ilustrasi. Medcom.id
    Bandung: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung segera mengkaji rekomendasi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, perihal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara parsial. Wali Kota Bandung, Oded M Danial, mengatakan PSBB parsial dilakukan di tingkat kecamatan atau kelurahan.

    "Insyaallah Pak Sekda telah diskusi dengan Bappelitbang dan Dinas Kesehatan untuk merespon apa yang disampaikan Pak Gubernur,” kata Oded di Bandung, Jawa Barat, Senin, 18 Mei 2020, melansir Antara.

    Dia menerangkan yang bakal jadi pertimbangan adalah tingginya angka kasus korona. Selain itu, aspek ekonomi perlu dipertimbangkan.

    "Ekonomi Kota Bandung di masa pandemi ini cukup merosot," ujarnya.

    Baca: Warga Jabar Diminta Salat Idulfitri di Rumah

    Dia mengatakan, pendapatan daerah menurun hingga 60 persen. Contohnya di sektor pariwisata, ada 166 hotel tutup dan 3.724 pekerjanya yang dirumahkan.

    "Hari Selasa akan kami rapatkan. Insyaallah kita putuskan yang terbaik untuk semua," terangnya.

    Sebelumnya, Kota Bandung telah menjalankan PSBB tingkat Bandung Raya pada 22 April hingga 5 Mei 2020. Kemudian dilanjutkan dengan PSBB tingkat Jawa Barat yang dimulai pada 6 Mei - 20 mei 2020.

    Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan PSBB tingkat Jawa Barat akan dilanjutkan secara proposional di tingkat kabupaten/kota. PSBB yang proposional dijalankan berdasarkan status zona di setiap kabupaten/kota.

    Kota Bandung menjadi satu-satunya wilayah kota yang masuk ke dalam zona kuning pasca-PSBB Provinsi dan PSBB Bandung Raya. Penetapan zona kuning berdasarkan temuan kasus covid-19 hanya pada klaster tunggal.

    "Kalau Bandung zona kuning, maka boleh 60 persen, silakan diatur. Kalau takut masih ada kelurahan yang di zona merah atau hitam, dan di situ ada hotel, misalnya, maka hotel yang ada di zona merah dan hitam mohon tidak ada relaksasi," terang Ridwan.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id