Siswa SMK di Tangerang Ciptakan Ratusan Botol Hand Sanitizer

    Hendrik Simorangkir - 20 Maret 2020 15:24 WIB
    Siswa SMK di Tangerang Ciptakan Ratusan Botol Hand Sanitizer
    Produk hand sanitizer Tanda buatan siswa sekolah Yarsi Medika Kota Tangerang yang dijual di Tangcity Mal, Kota Tangerang, Jumat, 20 Maret 2020. Dokumentasi/ istimewa
    Tangerang: Siswa sekolah SMK Yarsi Medika Kota Tangerang membuat 500 botol hand sanitizer dengan diberi nama 'Tanda'. Pembuatan hand sanitizer ini menyikapi kelangkaan yang terjadi setelah pandemi virus korona covid-19.

    Kepala produksi hand sanitizer dari SMK Yarsi Medika, Ari, mengatakan kualitas hand sanitizer buatan anak didiknya tidak kalah dengan hand sanitizer buatan pabrik.

    "Diberi nama Tanda yang merupakan arti dari Tangerang. Semua bahan-bahanya yang kami buat ini sudah sesuai dengan standar WHO," kata Ari yang juga seorang guru di sekolah tersebut, Jumat, 20 Maret 2020.

    Ari menuturkan takaran alkohol yang digunakan untuk hand sanitizer tersebut yaitu sebanyak 80 persen, dengan ukuran botol 60 mililiter. Ia menambahkan pembuatan 500 botol hand sanitizer tersebut membutuhkan waktu dua hari.

    "Kami memproduksi hand sanitizer ini melibatkan seluruh siswa kelas X (Kelas 2) SMK Yarsi. Satu botol ukuran 60 mililiter dibanderol dengan harga Rp19 ribu," jelas Ari.

    Ari menambahkan saat ini penjualan hand sanitizer itu hanya dilakukan di Tangcity Mal. Sebab hanya pihak mal tersebut yang bisa memfasilitasi pembuatan hand sanitizer buatan siswa SMK Yarsi.

    "Kami berterima kasih kepada Tangcity Mal yang telah memfasiitasi kami dalam memasarkan hand sanitizer ini," ungkap Ari.

    Sementara Direktur Tangcity Mal, Norman Eka Saputra, menjelaskan pembuatan hand sanitizer ini diharap bisa membantu masyarakat karena semakin langka dan mahalnya hand sanitizer di pasaran.

    "Kami berupaya semaksimal mungkin membantu warga Kota Tangerang untuk mendapatkan barang yang cukup sulit di dapat saat ini seperti hand sanitizer dan masker, karena kalaupun ada biasanya sudah dijual dengan harga tinggi, lalu kapasitas produksi akan kami tingkatkan secara paralel sesuai kebutuhan," jelas Norman.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id