Penderita DBD di Lebak 46 Orang

    Antara - 21 Maret 2020 08:00 WIB
    Penderita DBD di Lebak 46 Orang
    Ilustrasi. Medcom.id
    Lebak: Jumlah penderita demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Lebak, Banten hingga pertengahan Maret 2020 mencapai 46 orang. Satu di antaranya meninggal.

    "Kita minta warga meningkatkan kebersihan lingkungan, terlebih saat ini curah hujan cukup tinggi untuk mengantisipasi penularan DBD itu," kata Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Lebak, Firman Rahmatullah, di Lebak, Jumat, 20 Maret 2020.

    Dia menerangkan 46 penderita DBD tersebar di Kecamatan Rangkasbitung, Cipanas, Kalanganyar, Gunungkencana, Cileles, Sajira, Cikulur dan Warunggunung. Dia menyebut masyarakat yang terjangkit DBD karena tinggal di lokasi padat penduduk dan tempat berkembagbiaknya nyamuk aedes aegypti.

    Dia menuturkan nyamuk DBD berkembangbiak di barang bekas dan genangan air. Apalagi curah hujan cenderung meningkat, sehingga rawan penyeberan penyakit.

    Baca: Kemenkes Sebut Gugus Tugas DBD Belum Diperlukan

    "Para penderita yang diketahui positif terjangkit DBD, setelah dilakukan perawatan di rumah sakit dan puskesmas,"  terangnya.

    Pihaknya telah meminta masyarakat turut  mengoptimalkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Mayarakat pun diminta melakukan gerakan 3M (mengubur, menguras, menutup) dan menyebarkan abate di kamar mandi.

    "Gerakan PSN, 3M serta penyeberan abate dapat mematikan jentik-jentik nyamuk DBD. Dipastikan bisa memutus mata rantai penyebaran DBD," jelas dia.

    Sementara itu, Camat Warunggunung, Dedi Rahmat mengatakan pihaknya bersama petugas puskesmas telah melakukan sosialisasi bahaya penularan dan penyebaran DBD dan virus korona (covid-19). Sosialisasi dilakukan untuk mencegah penularan penyakit.

    "Warga diminta menerapkan pola hidup bersih dan sehat, mengonsumsi makanan yang bergizi, menjaga kebersihan lingkungan, mencuci tangan, olah raga rutin dan banyak beristirahat," terangnya..



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id